[Video] Mengenaskan, Pemandangan Manasik Haji Tahun Ini

0
205

Mekkah, LiputanIslam.com – Pemandangan pelaksanaan manasik haji tahun ini tampak sangat tersendiri dan mengenaskan akibat pandemi Covid-19, yang membuat jutaan umat Islam terhalang dari ibadah yang hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang berkemampuan ini.

Setelah menjalani proses penantian yang cukup lama untuk mengambil keputusan, otoritas Arab Saudi hanya membolehkan 10,000 jemaah untuk menunaikan manasik haji tahun ini, itupun secara resmi hanya bagi mereka yang bermukim di Saudi, padahal ibadah superkolosal ini biasanya diikuti oleh jutaan jemaah dari pelbagai penjuru dunia sehingga pada tahun lalu jumlahnya mencapai sekira 2.5 juta jemaah.

Akibatnya, seperti terlihat dalam video yang beredar sejak Rabu (29/7/2020), suasana pelaksanaan manasik tawaf tampak relatif lengang.  Jamaah dengan jumlah yang sangat terbatas tampak mengitari Baitullah Kaabah sembari menerapkan protokol kesehatan berupa penjarakan sosial sekira dua meter sehingga banyak ruang yang kosong, selain mengenakan masker dan sarung tangan.

Menurut buku saku Perjalanan Haji yang dikeluarkan oleh otoritas Saudi, setiap jamaah diberi satu set alat dan persediaan, termasuk pakaian ihram medis dan steril, batu kerikil, masker, sejadah dan payung, sementara jemaah menyebutkan pemasangan gelang elektronik pada  sebagian mereka untuk penentuan gerakan mereka.

Persentase jamaah pada musim haji tahun ini adalah 70 persen warga negara non-Saudi, dan 30 persen warga negara Saudi, itupun terbatas pada praktisi kesehatan, petugas keamanan, dan sebagian pasien yang sembuh dari Covid-19.  Otoritas Saudi juga telah memeriksa jemaah sebelum mereka tiba di tanah suci Mekkah al-Mukarromah, dan akan menerapkan karantina kepada mereka usai penunaian ibadah haji. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pesan Haji Ayatullah Khamenei: Dukungan bagi Muslimin Tertindas adalah Prioritas Abadi Kami

Ibadah Haji Tahun ini Hanya 10,000 Jemaah, Tanpa Sentuh Kaabah dan Cium Hajar Aswad

Saudi Mulai Terapkan Isolasi Mandiri 7 Hari untuk Calon Jemaah Haji

DISKUSI: