Saudi Mulai Terapkan Isolasi Mandiri 7 Hari untuk Calon Jemaah Haji

0
84

Riyadh, LiputanIslam.com –  Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan dimulainya penerapan prosedur karantina di rumah untuk jangka waktu 7 hari bagi jamaah tahun ini.

Melalui akun resminya di Twitter, kementerian itu, Ahad (19/7/2020), mengumumkan, “Menurut protokol kesehatan yang disetujui untuk haji, para jemaah haji yang memenuhi standar kesehatan dan persyaratan untuk haji tahun ini sejak hari ini memulai prosedur karantina rumah, yang akan memakan waktu tujuh hari.”

Arab Saudi telah merilis protokol khusus untuk musim haji, sebagai bagian dari upayanya pengendalian penyebaran wabah virus corona (COVID-19)

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nasional Saudi menerbitkan daftar lengkap protokol untuk ibadah haji, yang mencegah masuk tanpa izin ke tempat-tempat masy’ar (Mina, Muzdalifah, Arafat), sambil memastikan ventilasi yang baik di semua lokasi yang akan ditempati jemaah dan pekerja.

Otoritas Saudi itu juga memutuskan untuk tidak memperkenankan penderita gejala yang mirip dengan flu berada di jalur haji bekerja sampai gejala itu hilang dan mendapatkan keterangan sembuh.

Pusat itu menekankan keharusan mematuhi semua instruksi kesehatan, termasuk pengenaan masker, serta mengatur antre jamaah di titik-titik pertemuan, membersihkan permukaan lingkungan secara teratur dengan fokus pada tempat-tempat di mana kemungkinan terjadi kontak lebih besar, terutama titik penerimaan, kursi tempat duduk, dan ruang antre. (mm/rtarabic)

DISKUSI: