[Video]: Israel Kerahkan Barisan Tank di Perbatasan Libanon-Suriah

0
69

Golan, LiputanIslam.com – Sebuah rekaman video memperlihatkan barisan tank milik Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dikerahkan di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan menyusul ketegangan yang terjadi belakangan ini antara IDF dan Hizbullah di wilayah pertanian Sheeba, Libanon Selatan.

Tank-tank Israel yang direkam oleh RT Arabic itu dilaporkan berpatroli di wilayah Golan di dekat perbatasan Lebanon pada hari Selasa (27/7/2020) setelah tersiar berita tentang terjadinya baku tembak di Sheeba sehari sebelumnya.

Hizbullah membantah bahwa pihaknya terlibat konfrontasi dengan militer Israel, sedangkan militer Zionis Israel mengaku telah menggagalkan “operasi sabotase”.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan bahwa “Tel Aviv akan menegerahkan segala daya untuk melindungi keamanannya,” dan menyerukan kepada Hizbullah agar serius menyimak peringatan ini.

Netanyahu meninjau markas Front Utara Israel sehari setelah terjadi eskalasi di sepanjang perbatasan Israel (Palestina pendudukan 1948)-Lebanon:

“Apa yang terjadi sekarang adalah upaya Iran dan organisasi-organisasi dalam orbitnya di Libanon untuk menempatkan mereka secara militer di wilayah kami… Israel terus bekerja untuk menggagalkan posisi militer Iran di kawasan sekitar,” sumbarnya saat itu, seperti di kutip Saluran Penyiaran Israel (Makan).

Menyinggung Sekjen Hizbullah, Sayid Hassan Nasrallah, Netanyahu menyebutnya hanya “melayani kepentingan Iran untuk menempatkan diri secara militer di kawasan dengan mengorbankan negara Lebanon.”

Netanyahu lantas menegaskan bahwa tentara Israel siap menghadapi segala skenario.

“Saya tidak menyarankan kepada siapapun untuk menguji tentara ataupun negara Israel,” lanjutnya.

Di pihak lain, Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengatakan, “Israel menyerang kedaulatan Lebanon lagi dan melanggar Resolusi 1701 melalui eskalasi militer yang berbahaya pada hari Senin.”

Menteri Luar Negeri Lebanon Nassif Hitti menyatakan Beirut berencana melaporkan “agresi” terbaru Israel di perbatasan kepada Dewan Keamanan PBB.

Media Libanon melaporkan bahwa Israel pada hari itu telah menembakkan puluhan peluru mortir ke daerah pertanian Sheeba.

Hizbullah pernah terlibat perang hebat dengan Israel selama lebih dari satu bulan pada tahun 2006. Perang ini  menewaskan sekitar 1200 orang di Lebanon, yang sebagian besar adalah warga sipil, dan 160 orang di Israel, yang sebagian besar adalah personil militer. (mm/amn/raialyoum)

Baca juga:

Kembali Kirim Pesan ke Hizbullah Lewat Perantara, Israel: Kami Tak Mau Perang!

Hizbullah Tanggapi Laporan Seputar Kontak Senjata dengan Pasukan Israel

Tegang, Hizbullah dan Israel Dilaporkan Terlibat Kontak Senjata Sengit

DISKUSI: