Tegang, Hizbullah dan Israel Dilaporkan Terlibat Kontak Senjata Sengit

0
126

Beirut, LiputanIslam.com – Beberapa laporan beredar mengenai dugaan kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Libanon berusaha menyerang posisi tentara Zionis Israel di sekitar perbatasan Libanon-Israel.

Sebuah laporan dari Reuters menyebutkan bahwa sumber-sumber Lebanon yang ‘diberi tahu’ mengatakan bahwa Hizbullah melancar operasi serangan terhadap tentara Israel di daerah pertanian Shebaa, Libanon selatan, Senin (27/7/2020).

Laporan lain mengatakan bahwa Hizbullah menembakkan rudal anti-tank Kornet ke sebuah kendaraan militer Israel di Shebaa, yang lantas memicu respons dari militer Israel tak lama setelah serangan itu.

Sputnik melaporkan bahwa Hizbullah telah menyusup ke posisi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di kota Ghajar, ketika berusaha menyerang konvoi militer Israel.

Laporan Sputnik menyatakan bahwa para pejuang Hizbullah terlihat dan terlibat dalam kontak senjata sengit dengan pasukan Israel.

Saluran TV 12 milik Israel melaporkan bahwa telah terjadi kontak senjata tentara Israel dengan para pejuang Hizbullah di kawasan Jabal Al-Rouss, Libanon selatan.

Beredar pula video wartawan saluran TV 13 Israel terkejut dan segera merunduk ketika sedang meliput dan melaporkan keadaan di lapangan lalu terjadi suara ledakan yang disebut-sebut berasal dari artileri yang jatuh di lokasi sekitar.

Komentar Mantan Menhan Israel

Mantan Menhan Israel Avigdor Lieberman menyebut Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasralah sebagai sosok yang kata-katanya selalu menyebabkan ketegangan.

Ketua partai Yisrael Beiteinu itu mengatakan, “Sekjen Hizbullah Hassan Nasralah, sayang sekali, membuktikan bahwa baginya kata dibalas kata, mata dibalas mata, gigi dibalas gigi. Satu anggota Hizbullah terbunuh di Damaskus, semua wilayah utara (Israel) lumpuh”. (mm/amn/alalam)

Baca juga:

Hizbullah Tanggapi Laporan Seputar Kontak Senjata dengan Pasukan Israel

Hizbullah Tepis Kemungkinan Perang Total dengan Israel dalam Beberapa Bulan Mendatang

Mantan Direktur Mossad: Hubungan Hangat Iran-China adalah Ancaman bagi Israel

DISKUSI: