Perangi Corona, Ayatullah Khamenei Instruksikan Pembentukan ‘Basis Kesehatan dan Perawatan’

0
137

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei  memerintahkan kepada Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Baqeri  agar membentuk ” basis kesehatan dan perawatan” dalam perang melawan wabah virus corona (Covid-19) yang sedang melanda negara republik Islam ini.

Ayatullah Khamenei juga mengapresiasi layanan yang sejauh ini telah diberikan kepada rakyat Iran oleh Angkatan Bersenjata dalam upayanya membendung penyebaran virus corona.

“Sembari memuji layanan yang sejauh ini telah berikan oleh Angkatan Bersenjata kepada warga negara Iran yang mulia dan sambil menekankan perlunya layanan tersebut untuk terus berkembang dan berlanjut, perlu kiranya bahwa layanan ini diatur dalam bentuk basis kesehatan dan perawatan,”tulis Ayatullah dalam surat perintahnya yang dirilis pada hari Kamis (12/3/2020).

Dia menambahkan, “Selain membangun fasilitas perawatan seperti rumah sakit lapangan, rumah sakit, dan lain-lain, harus pula fokus pada pencegahan penyebaran penyakit ini lebih lanjut melalui berbagai metode lain yang juga diperlukan.”

Ayatullah Khaemenei juga menyatakan, “Mengingat adanya beberapa indikasi yang menimbulkan dugaan bahwa peristiwa ini merupakan ‘serangan biologis’ maka langkah-langkah ini bisa juga berupa latihan pertahanan biologis, yang akan menambah kemampuan dan kekuatan nasional.”

Baca: China Resmi Ungkap Dugaan Virus Corona di Wuhan Kiriman dari AS

Pusat penelitian utama Iran yang didanai militer sedang mengembangkan obat-obatan serta vaksin untuk virus corona demi menunjang upaya pemerintah untuk memerangi wabah tersebut.

Awal Maret lalu Kepala Universitas Ilmu Kedokteran Baqiyatallah (BMSU), yang berafiliasi dengan Koprs Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), menyatakan bahwa tiga tim peneliti di pusat akademik ini bahwa salah satu kelompok telah membuat obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini.

“Salah satu obat telah lulus tes laboratorium dan kami berharap kami bisa mendapatkan hasil positif dalam tahap klinis,” ungkap Brigjen Alireza Jalali, yang memimpin BMSU.

Baca:  Menteri Perdagangan Iran Berhasil Sembuh Dari Virus Corona

Rabu lalu Iran menampilkan model pertama kamera pencitraan termal  yang diproduksi oleh SAIran, sebuah perusahaan elektronik yang dijalankan oleh Kementerian Pertahanan Iran. Menurut SAIran, perangkat infra-merah ini sebanding dengan produk asing dalam hal ketepatan dalam mendiagnosis demam.

Pihak berwenang yang menghadiri upacara itu mengatakan kamera itu akan memasuki tahap produksi massal dalam waktu dekat.

Baca: Iran Minta Saudi Tidak Politisasi Wabah Corona

(mm/alalam/presstv)

DISKUSI: