China Resmi Ungkap Dugaan Virus Corona di Wuhan Kiriman dari AS

0
550

Beijing, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri China secara resmi mengungkap dugaan militer AS membawa epidemi corona (COVID-19) ke Wuhan, China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyinggung pernyataan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Robert Redfield, bahwa beberapa warga negara AS yang disebut-sebut meninggal karena influenza bisa jadi sebenarnya meninggal karena COVID-19.

“Kapan pasien nol dimulai di AS? Berapa banyak orang yang terinfeksi? Apa nama rumah sakitnya? Mungkin Angkatan Bersenjata AS yang membawa epidemi ke Wuhan. Bersikaplah transparan! Ceritakan data Anda! AS berutang penjelasan kepada kami!” cecar Zhao di Twitter, Kamis (12/3/2020).

Dalam cuitannya, Zhao juga menuntut pengungkapan berapa banyak di antara jutaan infeksi dan ribuan kematian selama musim flu terbaru yang mungkin sebenarnya terkait dengan COVID-19.

Virus corona pertama kali diketahui muncul di pusat kota Wuhan pada akhir tahun lalu, dan sejak itu, pandemi ini merenggut nyawa ribuan orang yang sebagian besar penduduk China.

Pada akhir Februari lalu, Zhong Nanshan, seorang ahli epidemiologi terkemuka China, mengatakan, “COVID-19 pertama kali ditemukan di Cina tidak berarti berasal dari Cina.”

Zhao menekankan hal yang sama dalam jumpa belum lama ini.

“Belum ada kesimpulan tentang asal-usul virus,” katanya kepada wartawan.

Dia menambahkan, “Apa yang kita alami sekarang adalah fenomena global dengan sumbernya masih belum ditentukan.”

Sejauh ini, teori konspirasi virus korona yang populer di China menyebutkan bahwa atlet militer AS yang berpartisipasi dalam Pertandingan Dunia Militer di Wuhan tahun lalu diduga telah membawa virus mematikan itu ke Cina. (mm/businessinsider)

DISKUSI: