Iran Minta Saudi Tidak Politisasi Wabah Corona

0
248

Teheran, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri Iran meminta pemerintah Saudi untuk tidak mempolitisir dan cuci tangan dari masalah penyebaran virus corona (Covid-19).

Permintaan itu dinyatakan Teheran sebagai tanggapan atas kecaman Riyadh terhadap Teheran terkait dengan merebaknya virus mematikan yang diduga berasal dari Wuhan, China, ini di wilayah Timur Tengah.

Menanggapi klaim Arab Saudi mengenai tidak adanya stempel Iran di paspor warga negara Saudi yang berkunjung ke Iran, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Moussawi, dalam wawancara dengan kantor berita Sputnik milik Rusia mengatakan, “Kami sebelumnya telah mengklarifikasi hal ini, dan kami terkejut atas pengangkatan kembali masalah sederhana ini sepenuhnya oleh Saudi.”

Baca: Rusia Kirim 50 Ribu Alat Uji Virus Corona ke Iran

Mousavi menjelaskan bahwa “peraturan e-visa Iran berlaku sama untuk warga negara dari semua negara kecuali mereka yang memegang paspor Inggris, AS, dan Kanada, dan menurut sistem visa di banyak negara maju tanda dan stempel masuk dan keluar tidak ditempatkan pada paspor.”

Dia menekankan bahwa “masalah ini tidak ada hubungannya dengan warga negara tertentu atau dengan isu corona.”

Baca: Kuatir Corona, Ayatullah Khamenei Imbau Warga Iran Tidak Menunaikan Iktikaf “Ayyamul Bidh”

“Kami menyarankan kepada Arab Saudi untuk menahan diri dari politisasi penyakit corona, upaya lepas tangan, dan tuduhan terhadap Iran dalam masalah ini,” pungkasnya. (mm/alalam)

DISKUSI: