AS Terapkan Sanksi Baru terhadap Iran

0
94

Washington, LiputanIslam.com –  Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi baru terhadap para pejabat dan entitas Iran dengan dalih bahwa pihak-pihak itu terus menerus melakukan “pelanggaran parah” terhadap hak asasi manusia.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam sebuah statemen, Kamis (24/9/2020), menyatakan bahwa sanksi baru itu antara lain menyasar Hakim Syed Mahmoud Sadati, Hakim Muhammad Soltani, Cabang Pertama Pengadilan Revolusi Shiraz, dan Penjara Adel Abad, Urmia dan Wakil Abad, seperti dilaporkan Reuters.

Washington menjelaskan bahwa sanksi itu mencakup hakim yang terterlibat dalam eksekusi seorang pegulat Iran.

Pemberlakuan sanksi baru ini dinyatakan dua hari setelah AS mengumumkan sanksi terhadap beberapa entitas dan orang lain di Iran yang dianggapnya terlibat dalam aktivitas pengayaan uranium.

Pemerintah AS mengatakan bahwa sanksi yang diberlakukan oleh Departemen Keuangan AS pada Selasa lalu itu antara lain menyasar Kementerian Pertahanan Iran, dan dua orang yang memainkan peran penting dalam kegiatan pengayaan uranium di Teheran.

Iran sendiri berulangkali menyatakan bahwa sanksi-sanksi AS bukanlah sesuatu yang baru bagi Iran, dan terbukti tidak banyak berpengaruh bagi negeri mullah tersebut. (mm/raialyoum)

Baca juga:

AU Iran Luncurkan Radar Semikonduktor Anti-Target Siluman

Pasukan Elit Iran Resmikan Pangkalan AL Baru untuk Pantau Penuh Selat Hormuz

IRGC Ingatkan akan Bereaksi Keras jika AS Periksa Kapal Iran

DISKUSI: