Pasukan Elit Iran Resmikan Pangkalan AL Baru untuk Pantau Penuh Selat Hormuz

0
90

Teheran, LiputanIslam.com –  Panglima pasukan elit Iran Korps  Garda Revolusi Islam (IRGC) Mayjen Hossein Salami meresmikan pangkalan angkatan laut (AL) baru di bagian timur Selat Hormuz di Teluk Persia.

Situs berita Fars, Kamis (24/9/2020), melaporkan bahwa pangkalan baru itu dinamai “Syahid Majid Rahbar”, dan diresmikan di Sirik, sebuah kota pesisir Iran di Timur Selat Hormuz pada Rabu lalu.

Pangkalan itu dibangun sejak enam tahun lalu di atas lahan seluas 31 hektar dengan tujuan mengontrol secara penuh lalu lintas kapal transregional di Teluk Persia, Selat Hormuz, dan Laut Oman.

Dalam pidato pada upacara peresmian pangkalan itu, Panglima IRGC Mayjen Salami menjelaskan bahwa pangkalan itu didirikan di wilayah paling strategis negara ini untuk tujuan defensif dan ofensif di wilayah strategis Teluk Persia dan Selat Hormuz.

“Dengan dibuka dan diresmikannya pangkalan ini, operasi tempur, operasi kapal, pengintaian serta operasi defensif dan ofensif negara ini di Teluk Persia akan berkembang lebih jauh.”

Pangkalan AL itu dibuka beberapa hari setelah sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam sepuluh bulan terakhir berlayar melintasi Selat Hormuz dan masuk ke perairan Teluk Persia manakala negara adidaya itu secara ilegal dan sepihak menyatakan berusaha memperpanjang embargo senjata PBB terhadap Iran yang masa berlakunya telah habis.

Armada ke-5 AS dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa kelompok kapal penyerang yang dipimpin oleh USS Nimitz dan mencakup dua kapal jelajah dan sebuah kapal perusak berpeluru kendali berlayar ke Teluk Persia untuk beroperasi dan berlatih dengan mitra AS.

Komandan Angkatan Laut IRGC Laksamana Muda Alireza Tangsiri Rabu lalu menyatakan bahwa  iring-iringan kapal itu telah dipantau oleh drone Iran sebelum mendekati Selat Hormuz di pintu masuk Teluk Persia. (mm/fna)

Baca juga:

IRGC Ingatkan akan Bereaksi Keras jika AS Periksa Kapal Iran

[Video] AL IRGC Dibekali dengan Ratusan Drone dan Helikopter Baru dan Canggih  Buatan Dalam Negeri

 

DISKUSI: