AU Iran Luncurkan Radar Semikonduktor Anti-Target Siluman

0
161

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Udara (AU) Angkatan Bersenjata Iran meluncurkan sistem integrasi radar pintar semikonduktor buatan dalam negeri bernama “Soroush” dengan kemampuan mendeteksi dan melacak target siluman.

Radar Soroush yang dirancang dan diproduksi oleh lembaga Jihad Swasembada AU Iran itu diluncurkan dan bergabung dengan jaringan pertahanan udara terintegrasi negara ini pada hari Kamis (24/9/2020).

Radar tersebut mampu mendeteksi target dengan penampang radar rendah pada ketinggian pendek dan menengah hingga jarak 220 km.

Dengan menggunakan teknologi semikonduktor, radar canggih itu mampu menjalankan misi dalam kondisi cuaca apa pun dan memiliki durasi aktivitas yang sangat tinggi serta ketahanan yang  optimal dalam peperangan elektronik.

Panglima AL Iran menyebutkan bahwa radar baru itu memiliki mobilitas yang sangat tinggi dan telah diproduksi dengan standar internasional.

Selain itu, AL Iran juga meluncurkan sistem lain yang dinamai “Misaq”, sebuah sistem pintar yang menggabungkan kemampuan radar primer dan sekunder.

Selain menerima informasi tentang target dari radar primer dan utama, sistem ini mampu menggabungkan informasi yang diberikan oleh radar sekunder dan semua sensor serta menyediakannya ke jaringan pertahanan udara terintegrasi dengan presisi tinggi.

Awal bulan ini, Iran juga telah meluncurkan sistem radar 3D dan array bertahap yang dinamai “Kashef-99 “ dengan kemampuan mendeteksi ratusan objek terbang kecil secara simultan.

Kashef-99 adalah sistem 3D, array bertahap dan radar seluler yang telah didesain dan diproduksi di Pusat Penelitian Teknologi Baru Pertahanan Udara Iran dengan kemampuan mendeteksi hingga 300 obyek terbang ukuran kecil dari jarak 12 km secara bersamaan.

Dalam beberapa tahun terakhir Iran telah membuat berbagai terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada dalam produksi peralatan dan sistem pertahanan utama. (mm/fna)

 Baca juga:

Pasukan Elit Iran Resmikan Pangkalan AL Baru untuk Pantau Penuh Selat Hormuz

[Video] AL IRGC Dibekali dengan Ratusan Drone dan Helikopter Baru dan Canggih  Buatan Dalam Negeri

DISKUSI: