Babak Dramatis, Ketika Pasukan Ansarullah Yaman Sudah Berpose di Waduk Ma’rib

0
2523

LiputanIslam.com – Tentara Yaman dan pasukan Ansarullah/Houthi atau kubu Sanaa, ibu kota Yaman, terus memperkuat posisinya di atas angin dalam pertempuran melawan pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung koalisi Arab pimpinan Saudi di provinsi Ma’rib yang strategis dan kaya minyak.

Mereka kini memperkuat kekuasaannya atas daerah Pengunungan Al-Balaq sehingga menguasai salah satu wilayah yang menjadi pintu dan kunci masuk ke kota Ma’rib. Belakangan ini, untuk pertama kalinya sejumlah petempur kubu Sanaa berpose di tepian Waduk Ma’rib sembari mengibarkan bendera Yaman serta spanduk berterakan slogan-slogan kematian bagi AS dan Israel serta kemenangan bagi Islam yang biasa dipekikkan oleh para anggota dan jutaan simpatisan Ansarullah.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa sepak terjang kubu Sanaa untuk mencapai apa yang mereka sebut “pembebasan kota Ma’rib” sedang bergerak maju untuk memasuki babak yang lebih dramatis, terutama karena menguasai Al-Balaq tengah di mana pertempuran belakangan ini beralih dan sisi timur Waduk Ma’rib akan memungkinkan pemutusan jalur-jalur logistik pasukan loyalis Hadi.

Beberapa data dari pihak-pihak pengambil keputusan di Sanaa memperlihatkan bahwa suatu perencanaan bahkan sedang digodok untuk proses tahap pra-pembebasan Provinsi Ma’rib sepenuhnya. Dan ini terjadi bersamaan dengan eskalasi serangan kubu Sanaa ke berbagai titik target di kedalaman wilayah Saudi untuk memperhebat tekanan terhadap Kerajaan Saudi yang belakangan tampak makin terdesak dalam perkembangan situasi perang Yaman dan tersudut oleh isu-isu HAM di kancah internasional.

Dalam beberapa hari terakhir, kubu Sanaa memperkuat kendalinya atas sebagian besar daerah pegunungan Al-Balaq yang menghadap ke kota Ma’rib dari arah barat laut. Setelah bertempur sengit melawan pasukan loyalis Hadi mereka berhasil mengalihkan pertempuran ke Al-Balaq tengah yang terletak di sisi selatan Waduk Ma’rib.

Mereka kini menguasai 70% waduk besar yang dibangun pada tahun 1980-an di dekat reruntuhan Bendungan Besar kuno Ma’rib yang pertama kali dibangun pada abad ke-8 SM dan sedemikian tersohornya sehingga disinggung dalam ayat suci Al-Quran Surat Saba’ ayat 15;

Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): ‘Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.’”

Dengan penguasan itu mereka dapat mengalihkan pertempuran dari timur front Sharwah di barat kota Ma’rib ke sisi terjauh di tenggara Sharwah.

Pegunungan Al-Balaq tercatat strategis karena memudahkan penguasaan atas kawasan Al-Tal’ah Al-Hamra’ dan Bukit Al-Mashariyah, perbukitan terakhir yang mengelilingi kota Ma’rib. Pasukan Hadi yang masih menguasai beberapa bagian Pegunungan Al-Balaq bertempur mati-matian dalam dua hari terakhir untuk berusaha merebut kembali dataran tinggi yang jatuh ke tangan kubu Sanaa. Kedua pihak sama-sama bertempur sengit dengan mengerahkan berbagai jenis senjata ringan dan berat selama lebih dari 20 jam dan menyebabkan tewasnya beberapa komandan senior kubu Hadi.

Kemajuan militer terbaru kubu Sanaa di sekitar kota Ma’rib yang ditandai dengan jatuhnya sebagian sisa garis pertahanan kubu Hadi praktik mengacaukan mental kubu Hadi, sebab daerah itu tak ubahnya dengan benteng kota Ma’rib. Kemajuan itu diperkuat oleh keberhasilan kubu Sanaan menguasai penuh bagian-bagian barat Waduk Ma’rib sampai ke situs Waduk Kuno sehingga pertempuran beralih ke kawasan Al-Ashraf dan Al-Jufainah.

Dengan menguasai Al-Balaq tengah dan sisi timur Waduk Ma’rib, pasukan kubu Sanaa akan lebih mudah dalam upayanya mencapai garis penghubungan antara Shabwah dan Ma’rib untuk memutus jalur logistik pasukan loyalis Hadi dari berbagai provinsi selatan dan front-front selatan kota Ma’rib. (mm/alalam/wikipedia)

Baca juga:

[Video]: Breaking News,  Dahran dan Palabuhan Ras Tanura Dihantam Rudal Balistik Yaman

Badan Keamanan Yaman Ungkap Fakta Kelompok Teroris Al-Qaeda di Ma’rib

Ansarullah Yaman Serang Situs Minyak Aramco Milik Saudi

DISKUSI: