bintanguinsa.blogspot.com

bintanguinsa.blogspot.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Panasnya situasi politik tanah air menjelang pemilihan Presiden, mendorong puluhan tokoh agama dari semua daerah di Indonesia angkat bicara. Mereka menyerukan pemilu damai dalam sebuah acara temu nasional Bhinneka Tunggal Ika, di Jakarta, Senin (16/6) seperti yang dilansir Nu Online. Seperti apa seruannya?

Para tokoh agama meminta agar kedua pasangan capres-cawapres tak membenturkan agama untuk kepentingan politik dan menghindari fitnah politik.

Secara bergantian, masing-masing tokoh menyampaikan pandangannya tentang isu agama dalam pilpres. Semua sepakat bahwa Indonesia harus diselamatkan. Agama tak boleh dikorbankan untuk kepentingan politik sesaat.

“Bertobatlah, jangan gunakan isu agama,” kata Pendeta Musa asal Jatim.

Pengagas pertemuan tersebut yaitu KH Hasyim Muzadi mengungkapkan kegelisahan tokoh agama jelang Pilpres.

“Muncul banyak fitnah dan kampanye hitam dan politisasi agama, dan kami sepakat menolak keras kampanye hitam tersebut,” tandasnya.

Menurut pengasuh Ponpes Al-Hikam ini, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis kepemimpinan dan kenegarawanan.

“Banyak pemimpin menjadi pemain, sehingga rakyat hanya mendapat permainan. Negarawanan juga langka, yang ada adalah politisi, yang meletakkan kepentingan pribadi pada kepentingan negera,” jelasnya.

Harapan besar itu diutarakan  agar pemimpin yang terpilih harus melaksanakan tugas kenegaraan sesuai dengan pancasila, UUD 1945, dan menjunjung cita-cita perjuangan serta menjunjung bhineka tunggal ika.

“Pemimpin yang terpilih nanti harus meletakkan semua hal pada pancasila. Pancasila tidak hanya dijadikan slogan, tapi pancasila harus dibumikan  secara riel sehingga nilai-nilai yang didalamnya bisa dirasakan”, ungkapnya.

Baik pasangan nomor urut satu Prabowo Hatta ataupun pasangan nomor dua Jokowi-JK, keduanya kerap diterpa fitnah yang mengangkat isu SARA.

Baca juga: Black Campaign, Perilaku Favorit Takfiri (ba/LiputanIslam.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL