Damaskus, LiputanIslam.com — Jet tempur Rusia telah membidik lebih dari 1000 tanki minyak curian ISIS, seperti yang dilaporkan RT, (24/11/2015).

“Jet tempur Rusia bertolak dari pangkalan Khmeimim untuk melaksanakan misi menyerang konvoi tanki minyak (yang hendak diselundupkan ke luar Suriah-red), juga menargetkan penyulingan minyak di kawasan utara dan timur Suriah. Sebuah depot minyak telah dihancurkan yang terletak 15 km dari Raqqa.”

Sebagaimana disampaikan oleh Igor Konashenkov, juru bicara Menteri Pertahanan Rusia, pencapaian ini hanya membutuhkan waktu 5 hari.

Seperti diketahui, ISIS menguasai wilayah Raqqa dan Aleppo, Suriah. Kilang minyak di kawasan itu dikelola, dan dijual dengan harga yang lebih murah ke Turki. Perusahaan yang menangani jual beli minyak mentah ini adalah Bilal Erdogan. (Baca: Menanti Ketulusan Rusia)

Hari ini Turki menembak jatuh jet tempur Rusia. (Baca: Tegang, Jet Tempur Sukhoi-24 Buatan Rusia Rontok Ditembak Turki). Militer Turki menyatakan bahwa jet tersebut ditembak karena terbang di wilayah udara Turki, namun hal ini dibantah oleh Rusia. Iqbal Times, misalnya, menyebut bahwa Turki dan ISIS adalah satu, saling tolong menolong. Apakah karena tangki minyak ISIS dihancurkan Rusia, lalu Turki balas dendam dengan menembak jatuh pesawat tempur Rusia? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL