sukhoi rusia tertembak turkiAnkara, LiputanIslam.com – Suasana perang di Suriah tampak semakin menegangkan. Pemerintah Turki menyatakan satu jet tempur jenis Sukhoi-24 buatan Rusia tertembak jatuh di wilayah perbatasan Suriah-Turki, Selasa (24/11), sementara Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengakui jet tempur itu tertembak jatuh, namun menegaskan bahwa jet tempur Rusia di Suriah tidak melanggar zona udara Turki. Demikian dilaporkan Reuters dan dikutip Alalam.

Kemhan Rusia juga menyebutkan bahwa jet tempur tersebut saat berada di ketinggian 6000 meter, dan dua pilot jet tempur itu berhasil mengaktifkan kursi pelontar, namun nasib keduanya belum jelas.

NTV Turki dalam berita segeranya melaporkan statemen pihak kepresiden Turki bahwa Sukhoi-24 itu dijatuhkan oleh jet tempur Turki jenis F-16 karena melanggar zona udara Turki. Sebelumnya, Kemhan Rusia menduga jet tempur itu ditembak dari darat.

Belum ada keterangan jelas apakah jet yang tertembak itu diterbangkan oleh Angkatan Udara Rusia sendiri atau diterbangkan oleh Angkatan Udara Suriah.

Militer Turki menyatakan Sukhoi-24 itu memasuki zona udara Turki selama lima menit dan dilakukan sebanyak 10 kali sehingga ditembak sesuai peringatan yang sudah dinyatakan jauh hari sebelumnya oleh militer Turki.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu memerintahkan kepada kementerian luar negerinya supaya segera menghubungi para petinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), PBB dan negara-negara terkait mengenai insiden ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL