Teheran, LiputanIslam.com –  Stasiun televisi resmi Iran menayangkan wawancara eksklusif dengan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Jenderal Qasem Soleimani mengenai keterlibatan dan perannya dalam perang Hizbullah melawan Israel pada tahun 2006.

Dalam wawancara selama 90 menit yang ditayangkan pada hari Selasa (1/20/2019) itu Soleimani menjelaskan proses kepergiannya ke Libanon untuk membantu Hizbullah dalam perang yang berlangsung selama 34 hari tersebut.

Dia mengisahkan bahwa dia masuk ke Libanon melalui Suriah bersama petinggi Hizbullah Imad Mughniyah yang gugur pada tahun 2008. Mughniyah adalah sosok yang dipandang Hizbullah sebagai arsitek kemenangan atas Israel dalam perang yang menewaskan ratusan tentara Israel tersebut.

Baca: Komandan IRGC: Penghancuran Israel Bukan Lagi Impian, Melainkan Tujuan yang Bisa Dicapai

Soleimani menyebutkan peristiwa pemicu perang berupa aksi sekelompok pejuang Hizbullah memasuki wilayah Palestina pendudukan (Israel) dan serangan mereka terhadap tank Zionis hingga penawanan mereka atas dua tentara Zionis yang terluka pada 12 Juli 2016.

Baca: Pasukan Iran Nyatakan Sudah Mengepung Israel dari Semua Arah

Dia menjelaskan bahwa seminggu setelah memasuki Libanon dia kembali ke Iran untuk memberitahu Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei perkembangan situasi di Libanon, dan di hari yang sama dia bertolak lagi ke Libanon membawa surat Sang Ayatullah kepada Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah.  Sejak itu Jenderal Soleimani bertahan di Libanon hingga perang berakhir.

Dia tidak menyebutkan ada atau tidaknya pasukan Iran lain dalam perang ini. Dia mencukupkan dengan kisah pengalaman pribadinya, terutama komunikasi intensifnya dengan Mughniyah dan Nasrallah.

Baca: Nasrallah Pastikan Hizbullah Mengetahui Seluk Beluk Israel

Wawancara ini dilakukan oleh kantor Ayatullah Khamenei beberapa hari setelah kantor yang sama memublikasi foto Sayid Nasrallah bersama Ayatullah Khamenei dan Jenderal Soleimani sehingga mengesankan bahwa ketiganya belum lama ini telah mengadakan pertemuan singkat di Teheran, ibu kota Iran. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*