Damaskus,LiputanIslam.com-Badan Pengawas HAM yang berafiliasi kepada oposisi Suriah mengabarkan, tentara Suriah pada hari Senin (19/8) sukses mengambil alih kendali jalan internasional Damaskus-Aleppo.

Kelompok ini menyatakan, dengan menduduki jalur penting ini, tentara Suriah menutup jalan penghubung bantuan logistik tentara Turki kepada kelompok teroris.

Dilansir dari kanal al-Arabiyah yang mengutip dari oposisi, tentara Suriah dengan merebut jalur Damaskus-Aleppo praktis telah menguasai kawasan utara Khan Sheikhoun.

Baca: Pasukan Turki Mendapat Serangan Udara, Turki dan Suriah Saling Menyalahkan

Pembebasan Khan Sheikhoun merupakan langkah pertama untuk membuka kembali jalan antara ibukota ekonomi Suriah, Aleppo, dengan ibukota politiknya, Damaskus. Namun dari sudut pandang militer, pembebasan Khan Sheikhoun akan memudahkan tentara Suriah bergerak ke arah utara, yaitu Kafr Sijna dan Maarat al-Numan; kawasan yang menghubungkan jalur internasional Suriah ke arah utara, selatan, timur, dan barat.

Dikuasainya Khan Sheikhoun oleh tentara Suriah juga berarti kendali penuh atas kawasan seluas ratusan kilometer persegi di utara Hama, termasuk kawasan yang dikenal dengan “Segitiga Kematian.” Segitiga ini menghubungkan kota-kota Zaka, Ltamenah, dan Kafr Zita. Dengan didudukinya Zaka, berarti satu sisi dari Segitiga Kematian ini telah dibebaskan. (af/alalam)

Baca Juga:

IRGC: Teknologi Kekuatan Rudal Iran No. 1 di Kawasan, Superior di Dunia

Setelah 5 Tahun, Tentara Suriah Masuki Khan Sheikhoun

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*