Damaskus,LiputanIslam.com-Kantor berita Suriah, SANA, pada Minggu malam (13/10) melaporkan, para penduduk kota al-Hasakah tumpah ruah ke jalanan, menyusul tibanya tentara pemerintah ke arah utara untuk menghadapi invasi Turki ke wilayah Suriah.

Jurnalis SANA melaporkan, begitu mendengar berita pergerakan tentara Suriah, warga al-Hasakah turun ke jalanan kota dengan kendaraan mereka. Warga membunyikan klakson mobil sebagai tanda sukacita dan terima kasih atas kedatangan tentara pemerintah.

Baca: Sepakat dengan Kurdi, Tentara Suriah akan Ambil Alih Perbatasan dengan Turki

Tentara Suriah dikerahkan untuk menghadapi invasi Turki di kawasan al-Hasakah dan Raqqa. Pasukan Turki hingga kini membunuh sejumlah warga sipil serta menduduki sejumlah kawasan dan menghancurkan infrastrukturnya.

Turki pada Rabu 9 Oktober lalu melancarkan operasi militer bersandai “Mata Air Perdamaian” di utara Suriah. Enam jam setelahnya pasukan angkatan darat Turki memasuki wilayah negara tetangganya tersebut.

Pada Jumat malam (11/10) lalu, Recep Tayyib Erdogan dalam pidato pertamanya pasca invasi menyebut etnis Kurdi sebagai teroris. Dia juga membantah akan menghentikan operasi militer Turki.

Pemerintah Damaskus mengecam keras serangan Ankara ke kawasan Kurdi di wilayahnya. Tentara Suriah menyatakan siap untuk menghadapi segala tindakan yang merongrong kedaulatan Suriah. (af/alalam)

Baca Juga:

Turki Meradang! Liga Arab Sebut Operasi Militer Turki di Suriah Sebagai Invasi

Redam Ketegangan Saudi-Iran, PM Pakistan Kunjungi Tehran

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*