Sumber: The Arab Weekly

Islamabad, LiputanIslam. Com—Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Iran pada Minggu (13/10) sebagai bagian dari upaya mediasi yang bertujuan meredakan ketegangan antara Iran-Arab Saudi.

Agenda Khan mencakup diskusi tentang tata cara mengurangi ketegangan di wilayah tersebut. Kunjungan itu dilakukan setelah Khan menghadiri Majelis Umum PBB pada September lalu dan dirinya diminta oleh Amerika dan Arab Saudi untuk meredam ketegangan yang tengah berlangsung dengan Iran.

Menurut politisi itu, Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman dan Presiden AS Donald Trump memintanya untuk berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani tentang buruknya hubungan antara kedua negara.

Kebuntuan antara Iran dan Amerika Serikat, serta pertikaian antara Arab Saudi dan Iran, selama beberapa bulan terakhir telah memicu buruknya situasi di Teluk Persia.

Baca: Iran Tak Akan Diam Menyaksikan Aksi “Bajak Laut” di Perairan Internasional

Ketegangan juga meningkat usai serangan drone menghantam fasilitas minyak Saudi pada bulan September, yang dalam hal ini Riyadh dan Washington menuding Republik Islam sebagai pelaku serangan. Teheran membantah tuduhan itu dan menekankan bahwa gerakan Houthi, yang tengah berperang melawan koalisi pimpinan Saudi di Yaman, telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*