Sumber: Reuters

Ankara, LiputanIslam. Com—Direktur Komunikasi Administrasi Kepresidenan Turki, Fahrettin Altun, mengutuk kebijakan Liga Arab yang mengecam operasi Ankara yang sedang berlangsung di Suriah utara.

“Saya sangat mengutuk Liga Arab karena salah menamakan operasi kontra-terorisme Turki di Suriah sebagai ‘invasi’,”Altun menulis di halaman Twitter-nya.

Menurutnya, pernyataan organisasi itu tidak mencerminkan posisi dunia Arab.

Pada Sabtu (12/10) kemarin, sekretaris jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, meminta Turki untuk segera menghentikan operasi militer terhadap unit Kurdi Suriah utara dan menarik pasukan dari negara yang sedang dilanda konflik itu.

Liga Arab mengancam, bahwa negara-negara anggota organisasi ini akan mempertimbangkan sanksi yang tepat baik secara politik atau pun ekonomi terhadap Turki.

Baca: Prancis dan Jerman Hentikan Ekspor Senjata ke Turki

Awal pekan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan awal pekan ini bahwa militernya akan menggelar operasi kontra-terorisme di wilayah Utara Suriah yang ditinggali oleh orang-orang Kurdi.

Serangan Turki ke Suriah utara adalah bagian dari tujuan lama Ankara untuk membersihkan daerah perbatasannya dari milisi Kurdi dan teroris Daesh, serta menciptakan zona aman di wilayah perbatasan.

Sementara itu, pemerintah Damaskus memandang serangan itu sebagai pelanggaran terhadap integritas wilayah Suriah.(fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*