Moskow,LiputanIslam.com-Kedubes Jerman di Rusia melalui Twitter mengkritik pendiskualifikasian sejumlah kandidat pemilu lokal Moskow. Rusia segera merespon dengan meminta agar Berlin tidak mencampuri urusan dalam negerinya.

“Apakah Anda tidak punya masalah lain untuk dikhawatirkan? Patuhilah Konvensi Hubungan Diplomatik Wina dan jangan intervensi urusan negara-negara independen,”demikian isi tweet balasan kemenlu Rusia.

Dalam akun Twitter-nya Sabtu (27/7), kedubes Jerman menulis:”Beberapa minggu sebelum berlangsungnya pemilu lokal Rusia, pemerintah Moskow mendiskualifikasi banyak kandidat dari kalangan oposisi. Tindakan ini dibarengi dengan penggeledahan rumah-rumah dan penangkapan beberapa politisi terkenal.”

Baca: Trump: Kami akan Segera Merespon Kebodohan Macron

Kedubes Jerman mengaku khawatir atas tindakan Moskow tersebut. Perwakilan diplomatik Jerman ini berpendapat, rakyat Rusia harus diberi keleluasaan untuk memilih para kandidat mereka.

Sabtu kemarin para penentang pemerintah Rusia berdemo untuk memprotes didiskualifikasinya lebih dari 50 kandidat independen (oposisi) dalam pemilu lokal Moskow. Demo kemarin adalah yang kesekian kalinya dalam beberapa pekan terakhir.

Dikutip dari IRNA, aparat kepolisian Rusia menangkap 295 pengunjuk rasa dalam demo kemarin. Polisi menyebut bahwa demo itu diadakan tanpa meminta izin terlebih dahulu. (af/alalam)

Baca Juga:

Militer Iran Mengaku Punya Drone Antarbenua

Pasca Penyitaan Tanker Inggris, Saudi Memilih Bebaskan Tanker Minyak Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*