Riyadh,LiputanIslam.com—Otoritas Arab Saudi akhirnya membebaskan tanker minyak Iran yang ditahan di pelabuhan Jeddah sejak April lalu akibat kerusakan teknis.

Tanker minyak bernama ‘Happiness 1’ milik Iran itu telah dilepaskan pada Sabtu (20/2) lalu bersama dengan seluruh krunya.

Tanker ini telah mendekam di pelabuhan Saudi lebih dari 11 Minggu. Pada 30 April lalu, tanker ‘Happiness 1’ dilaporkan mengalami kerusakan teknis di perairan Arab Saudi dan mendapatkan perbaikan teknis di pelabuhan Jeddah.

Namun, setelah perbaikan selesai, pemerintah Arab Saudi menolak membiarkan tanker ini berlayar kembali, dan anehnya menjatuhkan tarif untuk tanker tersebut senilai $200.000.

Baca: Iran Nyatakan Siap Hadapi Segala Skenario Pasca Penyitaan Tanker Inggris

Pembebasan tanker minyak Iran dilakukan sehari setelah munculnya laporan penyitaan tanker Inggris di Selat Hormuz oleh IRGC. Tanker Inggris ditahan karena dianggap telah menyalahi prosedur navigasi. Banyak yang menilai bahwa ditangkapnya tanker Inggris oleh IRGC sebagai balasan atas ditahannya tanker minyak Iran di Selat Gibraltar oleh Angkatan Laut Inggris beberapa waktu lalu. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*