Beijing,LiputanIslam.com-Iran pada hari Minggu (7/7) mengumumkan, pihaknya akan meningkatkan persentase pengayaan uranium dari level 3,67 persen yang ditentukan dalam kesepakatan nuklir (JCPOA).

Langkah Iran ini mendapat perhatian media-media dunia, termasuk kantor berita pemerintah Tiongkok.

Baca“Harga Diri Orang Iran Gagalkan Intimidasi AS”

“Iran hari ini mengumumkan pengayaan uranium lebih dari batas 3,67 persen, usai beberapa hari lalu telah meningkatkan cadangan uranium yang dikayakan hingga melebihi 300 kg. Trump menuding Teheran sedang bermain dengan api. Meski sebenarnya jelas bahwa Washington yang menyalakan api tersebut saat keluar secara sepihak dari JCPOA,”tulis Xinhua.

Kantor berita ini menyatakan, satu-satunya solusi realistis dan efektif untuk mengendalikan situasi, adalah dengan melaksanakan JCPOA secara komprehensif, sehingga ketegangan dengan Iran dan masalah nuklir Iran bisa diatasi.

“Washington harus menghormati fakta bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah memberikan 15 laporan beruntun terkait komitmen Iran terhadap JCPOA. Masalah nuklir Iran meliputi banyak bidang dan mencakup kepentingan banyak pihak…Kesepakatan ini (JCPOA) vital bagi stabilitas di Timur Tengah, bahkan seluruh dunia,”tandas Xinhua. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Militer Iran: Pengandalan Kemampuan Lokal Adalah Titik Kekuatan Kami

Hadapi “Perjanjian Abad Ini”, Hizbullah Adakan Pertemuan dengan Dua Gerakan Islam

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*