London,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Inggris mengumumkan, London akan mencoba jalur diplomatik untuk membebaskan kapal tanker Inggris yang ditahan Iran.

Jeremy Hunt mengklaim, Inggris akan merespon tindakan Iran yang menahan tanker itu dengan cara yang sudah dipertimbangkan masak-masak.

“Kami tidak menghendaki opsi militer, namun kami mencari solusi diplomatik untuk menghadapi situasi ini. Namun saya tegaskan secara terbuka bahwa masalah ini harus segera diatasi,”kata Hunt, seperti dilansir Reuters.

Baca: Iran Membalas Menahan Kapal Tanker Minyak Inggris di Selat Hormuz

Hunt juga memperingatkan Teheran atas langkah yang diambilnya. Dia mengklaim, Iran akan menjadi pihak paling dirugikan jika pelayaran kapal-kapal dibatasi.

Menlu Inggris mengaku telah berbicara dengan kolega AS-nya terkait situasi terakhir. Dia juga berharap bisa menghubungi Javad Zarif (menteri luar negeri Iran) yang sedang berada di Caracas, ibukota Venezuela.

Kapal Stena Impero berbendera Inggris Raya ditahan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada Jumat sore (19/7) karena tidak mematuhi peraturan internasional kelautan. Kapal itu khusus memuat minyak dan produk-produk petrokimia.

Berdasarkan laporan media-media Barat, kapal tanker dengan 23 kru itu berangkat dari pelabuhan al-Fujairah (UEA) menuju pelabuhan al-Jubeil di Saudi, sebelum akhirnya ditahan oleh angkatan laut IRGC. (af/yjc)

Baca Juga:

Araqchi Anggap ‘Lucu’ Klaim Trump Jatuhkan ‘Drone’ Iran

Iran Tak Akan Menunggu Trump Lengser

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*