Tehran,LiputanIslam.com—Deputi Menlu Iran untuk Urusan Politik, Seyed Abbas Araqchi, menertawakan klaim Presiden AS, Donald Trump, yang mengaku telah menjatuhkan sebuah pesawat nirawak Iran. Ia justru khawatir kapal tempur AS tanpa sengaja justru menembak jatuh pesawat nirawaknya sendiri.

“Kami tak merasa kehilangan pesawat nirawak  di Selat Hormuz atau dimana pun,” ucap Araqchi melalui postingan twitternya pada Jum’at (19/7) kemarin.

“Saya justru khawatir AS malah menembak pesawat nirawak mereka sendiri,” tambahnya.

Baca: Trump, Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz

Sebelumnya, Menlu Iran, M. Javad Zarif, mengatakan sampai saat ini Tehran tak memiliki informasi tentang jatuhnya pesawat nirawak.

Sebelumnya, Trump menyebut kapal tempur AS ‘USS Boxer’ telah menghancurkan sebuah pesawat nirawak yang dianggap mengancam keamanan kapal karena terbang dengan jarak 1.000 meter serta mengabaikan peringatan dari awak kapal.

Klaim itu disusul dengan pernyataan dari Pentagon yang menyebut telah menjatuhkan sebuah pesawat nirawak tanpa merincikan itu pesawat Iran atau tidak.

Jubir kepala Pentagon, Jonathan Hoffman, mengatakan  dalam sebuah pernyataan tertulis,” sebuah pesawat nirawak telah mendekati kapal Boxer AS dan berada dalam jarak ancaman. Kapal ini mengambil tindakan pertahanan menghadapi aksi tersebut untuk memastikan keamanan kapal dan awaknya.”

Baca: Tehran Rilis Video Buktikan Klaim AS Jatuhkan Drone Iran itu Bohong

Sehari setelah pengakuan itu, Pasukan Garda Revolusi Islam merilis sebuah video sebuah pesawat nirawak Iran yang pulang dengan selamat ke Iran setelah berhasil memantau pergerakan kapal-kapal AS di Selat Hormuz. (fd/Tasnim/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*