Washington,LiputanIslam.com-Para senator AS diberitakan menolak rancangan pembatasan wewenang Donald Trump untuk mengobarkan perang dengan Iran.

Dilansir dari situs The Hill, gagalnya pengesahan rancangan tersebut merupakan kemenangan bagi Partai Republik dan Gedung Putih.

Lebih dari 40 senator menentang rancangan yang disusun Demokrat tersebut. Dengan demikian, rancangan UU itu gagal memperoleh 60 suara yang dibutuhkan agar bisa ditambahkan ke UU Otorisasi Pertahanan Nasional.

BacaRusia: Iran Tidak Akan Sendirian Jika Diserang oleh AS

Sebelum pemungutan suara, pihak Republik yakin akan sanggup mencegah rancangan itu ditambahkan ke UU Otorisasi Pertahanan Nasional. Sebab, andai kata semua senator Demokrat mendukung rancangan itu, masih butuh 13 suara dari senator Republik untuk meloloskannya.

Sejumlah senator Republik, seperti Susan Collins, Mike Lee, Jerry Moran, dan Rand Paul, memang mendukung rancangan tersebut. Meski demikian, Mitch McConnel (ketua mayoritas Senat) mengklaim, rancangan Demokrat itu hanya mengada-ada dan dibuat untuk menentang Trump. Sebab itu, ia berkata, rancangan tersebut akan gagal.

Para senator Demokrat khawatir terhadap keputusan-keputusan tak terduga Trump terkait Iran. Sebab itu, mereka menyusun rancangan UU tersebut agar presiden AS harus meminta izin Kongres sebelum melancarkan perang atas sebuah negara, terutama Iran. (af/alalam/fars)

Baca:

Trump: Jika AS Diserang, Orang Jepang Cuma Menonton di TV

Analis AS Sebut Sanksi Baru Trump atas Iran Cuma Simbol

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*