Moskow, LiputanIslam.com—Seorang diplomat senior Rusia mengatakan bahwa Iran tidak akan ditinggal sendirian oleh seluruh dunia jika AS melakukan tindakan “gila” terhadap Republik Islam itu. 

“Iran tidak akan pernah sendirian jika, … AS mengambil tindakan yang benar-benar gila dan tidak bertanggung jawab terhadap mereka,” kata utusan presiden Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, kepada wartawan di Moskow pada hari Rabu (26/6), seperti dilansir dari Bloomberg.

“Tidak hanya Rusia, tetapi banyak negara bersimpati dengan Iran,” tambahnya.

Kabulov menyebut bahwa terdapat kemungkinan konfrontasi bersenjata antara Teheran dan Washington, tetapi konflik itu masih dapat diselesaikan dengan cara diplomasi.

“Saya benar-benar ingin percaya bahwa tidak akan ada perang. Ketika kita menyebut ‘perang,’ kadang-kadang artinya adalah konflik jangka pendek, dan ini tidak dapat dikesampingkan karena ketegangan semakin memuncak,” tuturnya.

“Namun, ini tidak berarti bahwa hal itu tidak terhindarkan. Masih ada kemungkinan untuk kembali ke proses politik konvensional, dan Rusia tengah melakukan upaya terbaik untuk mewujudkan hal ini,” tambahnya.

Diplomat berpangkat tinggi itu juga mengecam sanksi AS baru-baru ini terhadap Pemimpin Revolusi Islam, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*