Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump dalam sebuah wawancara mengkritik perjanjian bilateral antara AS dan Jepang. Dia mengklaim, perjanjian keamanan yang dijalin pada 1951 itu tidak ‘adil.’

“Jika Jepang diserang, kami akan melancarkan Perang Dunia III. Kami akan melakukan segalanya untuk melindungi mereka. Namun jika AS diserang, orang-orang Jepang hanya menonton serangan itu melalui televisi (merek) Sony,”ujar Trump kepada Fox News, Rabu (26/6).

Baca: Zarif Sebut Trump Tak Akan Mampu Tundukkan Iran

Dalam sejumlah pidato dan pertemuannya, Trump selalu mengklaim bahwa perjanjian antara AS dan negara-negara lain tidak seimbang dan adil. Dia kerap menuding bahwa kesepakatan-kesepakatan bilateral itu lebih menguntungkan pihak lain alih-alih negaranya.

Kanal berita Bloomberg pada hari Selasa (25/6) melaporkan, Trump menyebut perjanjian keamanan AS-Jepang yang sudah berusia 60 tahun sebagai “kesepakatan yang tidak adil.” Dia mengutarakan niatnya untuk menarik keluar AS dari perjanjian tersebut. Menurut Bloomberg, Trump meyakini bahwa perjanjian tersebut tidak mengharuskan Jepang untuk membela AS. (af/alalam/fars)

Baca:

Rusia: Iran Tidak Akan Sendirian Jika Diserang oleh AS

RQ-4A Jatuh di Tempat AS Menembak Pesawat Penumpang Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*