Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran bereaksi terhadap tindakan AS yang mencantumkan namanya dalam daftar sanksi. Mohammad Javad Zarif menyatakan, sanksi ini sama sekali tidak berdampak atas dirinya.

“AS mengatakan, saya dijatuhi sanksi lantaran saya adalah ‘juru bicara utama Iran di seluruh penjuru dunia.’ Apakah realita ini menyakitkan? Sanksi ini tidak berpengaruh bagi diri atau keluarga saya, sebab saya tak punya aset atau kepentingan di luar Iran. Terima kasih karena kalian (AS) menganggap saya sebagai ancaman besar untuk tujuan-tujuan kalian,”cuit Zarif dalam akun Twitter-nya.

Baca: Trump Sebut Iran Tak Pernah Kalah dalam Perundingan

Kementerian Keuangan AS mencantumkan Zarif dalam daftar sanksi, Rabu (31/7). Siapa pun yang namanya tercantum dalam daftar ini, asetnya di AS akan dibekukan dan warga AS dilarang untuk melakukan transaksi dengannya.

Menlu Iran dijatuhi sanksi menyusul lawatannya ke New York beberapa waktu lalu. Meski ruang geraknya dibatasi oleh pemerintah AS, namun dia diwawancarai sejumlah media ternama Paman Sam.

Sekembalinya Zarif dari NeW York, Mike Pompeo (menlu AS) marah besar karena media-media negaranya memberikan ‘corong pengeras suara’ kepada Zarif.

Saat wacana sanksi atas dirinya bergulir, Zarif kepada New York Times mengatakan,”Siapa pun yang mengenal saya, tahu bahwa saya atau keluarga saya tidak punya aset di luar Iran. Saya bahkan tak memiliki rekening pribadi di selain Iran. Iran adalah seluruh hidup dan satu-satunya komitmen saya. Sebab itu, saya tak bermasalah jika nanti dijatuhi sanksi.”

“Satu-satunya dampak, dan mungkin tujuan, sanksi atas diri saya adalah membatasi kemampuan saya untuk menjalin hubungan. Saya ragu hal ini (sanksi) bisa berguna bagi seseorang. Jelas bahwa tindakan ini menunjukkan bahwa kebijakan di Washington diambil tanpa pertimbangan matang,”tandasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Minta Bantuan Jerman, Inggris, dan Prancis untuk Bendung Iran

Abaikan Sanksi AS, Iran Ekspor Bensin ke Afghanistan

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*