Washington,LiputanIslam.com—Amerika Serikat, melalui kedutaannya di Berlin, melayangkan permintaan resmi kepada Jerman, Inggris, dan Prancis agar turut menggabungkan militer di Teluk untuk membendung kekuatan Iran.

“Kami, secara formal, telah meminta Jerman untuk turut membantu mengamankan Selat Hormuz dan bertempur melawan Iran, bersama dengan Inggris dan Prancis,” ucap jubir kedutaan tersebut kepada German Press Agency pada Selasa (30/7).

Baca: Militer Iran Klaim Radarnya Bisa Deteksi Pesawat Tercanggih AS

Sebelumnya, para pejabat Jerman dan Inggris sempat mengatakan bahwa mereka tidak mendukung strategi tekanan maksimum yang diberlakukan AS terhadap Iran. Meski begitu, mereka setuju dengan operasi yang diusulkan London untuk membentuk dewan keamanan Eropa demi melindungi kapal-kapal dagang yang beroperasi di Teluk Persia dan di dekat Selat Hormuz.

Namun, sampai Selasa sore, Inggris belum menerima permintaan resmi dari sekutu AS-nya untuk mengambil bagian dalam aksi militer di Teluk Persia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Annegret Kramp-Karrenbauer, merespon permintaan itu dengan menyatakan bahwa setiap permintaan harus dipertimbangkan dengan hati-hati berdasarkan atas situasi detailnya. “Kita bisa membicarakannya lebih dulu dan baru mengambil keputusan saat benar-benar telah mengetahui apa yang sesungguhnya sedang direncanakan,” ucapnya. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*