Washington,LiputanIslam.com-Beberapa saat usai pemecatan John Bolton dari jabatan penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Senator Rand Paul menyatakan,”Saya rasa, ancaman perang di seluruh dunia akan berkurang dengan kepergian John Bolton dari Gedung Putih.”

Beberapa menit usai dipecat, Bolton mengunggah cuitan di akunnya:”Semalam saya menawarkan kepada Presiden untuk mengundurkan diri. Dia menjawab kami akan membahasnya besok.”

Namun Donald Trump melalui akun Twitter-nya mengumumkan telah memecat Bolton.

Baca: Pompeo Sebut Militer AS Tak Akan Tinggalkan Afghanistan Tanpa Kesepakatan Damai

Menurut Trump, dia telah memberitahu Bolton bahwa Gedung Putih tidak lagi membutuhkan dirinya.

“Saya dan sejumlah anggota pemerintah sangat menentang beberapa pandangan Bolton. Saya memintanya mengundurkan diri dan suratnya telah diserahkan kepada saya,”cuit Trump.

Trump menyatakan, dia akan mengumumkan pengganti Bolton pada pekan mendatang.

Bisik-bisik pelemahan posisi Bolton di Gedung Putih dan kemungkinan pemecatannya sudah menguat sejak beberapa waktu, terutama sejak Trump kerap mengabaikan pendapat Bolton terkait sejumlah isu keamanan.

Menurut laporan Washington Post pekan ini, para staf senior Trump pada awal September diundang untuk menghadiri rapat soal masa depan Afghanistan. Tapi ada satu nama pejabat senior yang tidak ada, yaitu Bolton.

Trump sendiri kerap mengatakan, jika wewenang ada di tangan Bolton, AS harus berperang dengan seluruh dunia. (af/alalam)

Baca Juga:

Taliban Sebut Putusan Trump Akan Renggut Nyawa Pasukan AS di Afghanistan

Netanyahu Desak AS Kobarkan Perang Melawan Iran’

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*