Viral, Artis Komedian Cantik Israel Lantunkan Lagu Satir tentang UEA

0
358

TelAviv, LiputanIslam.com –   Artis perempuan komedian Israel Noam Shuster-Eliassi merilis lagu satir yang mengejek kemesraan hubungan Uni Emirat Arab (UEA) dengan Israel.

Penyanyi Yahudi Israel asal Iran itu menampilkan lagunya sembari melucu dengan menyebut dirinya “Haifa wannabe”, dengan tujuan menyindir Haifa Wehbe, penyanyi populer Lebanon yang sedemikian anti-Israel dan pro-Hizbullah sehingga pernah menyebut Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah sebagai pria yang mendebarkan jantung hatinya setiap kali memandangnya.

Noam Shuster yang lancar berbicara bahasa Arab dan cukup aktif di media sosial dikenal sebagai pendukung persamaan hak bagi warga Palestina. Belakangan ini dia tampak membawakan lagu satir dalam sebuah acara  di Makan, saluran TV berbahasa Arab milik Israel.

Dengan berulang kali mengucapkan nama Dubai, ibu kota UEA, dalam lirik lagu tersebut,  Noam Shuster menyebut orang Arab Dubai sebagai orang Arab terbaik karena karena kaya dan melupakan orang-orang Palestina yang teraniaya. Dia juga mengisyaratkan bahwa Israel mendapat banyak uang dari UEA yang abai terhadap nasib bangsa Palestina.

“Hilanglah di ujung terowongan, andaikan semua orang Arab adalah Dubai, menginginkan pamannya, Israel, tetap hidup dengan mengguyurkan air pada kami. Tak ada yang lebih manis daripada mereka, yang punya jutaan dan melupakan bangsa tersungkur Palestina. Mereka melupakan Palestina,” bunyi lirik lagu itu.

Lirik yang sebagian besarnya berbahasa Arab dan setiap kalimatnya di akhirinya dengan bunyi “ai” itu juga menyebutkan, “Mereka mengatakan Israel tetap mendapat air untuk air, Dubai, Dubai, Dubai. Harapan kami ialah hilangnya kesaradan Arab, sebagaimana Dubai yang telah lupa. Kami kepung Gaza, andaisemua Arab adalah Dubai.

Lagu ini membuat nama Noam Shuster-Eliassi menjadi trending dan viral dengan beragama komentar netizen, yang banyak di antaranya memastikan bahwa lagu itu tidak benar-benar mempromosikan perdamaian ataupun normalisasi, melainkan lebih merupakan satir dan meledek pihak-pihak Arab, terutama UEA yang menjadi pionir gerakan normalisasi hubungan dengan Israel di masa kekinian.

Pada Februari 2019 nama Noam Shuster-Eliassi juga pernah viral setelah dia membuat pernyataan satir di TV mengenai “lamaran pernikahan” yang dia buat kepada Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman di TV.

UEA meneken perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel di Gedung Putih, Amerika Serikat (AS), pada 15 September 2020, dengan mediasi presiden AS saat, Donald Trump.  Langkah UEA ini kemudian disusul dengan langkah serupa dari sejumlah negara Arab lain, yaitu Bahrain, Sudan dan Maroko.

Sedangkan Arab Saudi yang dalam banyak hal sejalan dengan UEA dan Bahrain, meski terindikasi kuat menjalin hubungan diam-diam dengan Israel, namun sejauh ini masih tampak enggan memperlihatkan hubungan itu secara terbuka dan resmi. (mm/raialyoum/albawaba)  

Baca juga:

Presiden Turki Ucapkan Belasungkawa kepada Presiden Israel

Iran Rekrut Warga Yahudi sebagai Mata-mata, Israel Terkaget-kaget

DISKUSI: