Iran Rekrut Warga Yahudi sebagai Mata-mata, Israel Terkaget-kaget

0
135

TelAviv,LiputanIslam.com-Pada hari Rabu (12/1) lalu, Shin Bet mengumumkan telah menangkap 4 mata-mata wanita dari warga Yahudi Israel, yang dinyatakan bekerja demi kepentingan Iran.

Salah satu misi mereka mereka mendapatkan dokumen militer Israel dan pengambilan gambar Kedubes AS.

Shin Bet dalam statemennya mengumumkan, mereka telah direkrut melalui Facebook oleh seorang agen Iran. Agen ini menggunakan nama Rambod Namdar dan mengaku sebagai seorang Yahudi yang tinggal di Iran.

Para petinggi keamanan Israel mengaku syok atas kegiatan “para mata-mata Iran yang sudah berlangsung bertahun-tahun”, tanpa mengetahui bagaimana kelompok mata-mata ini terbentuk.

Dalam wawancara dengan Israel Hayom, mantan Direktur Mossad, Shabtai Shavit mengatakan, ”Sebagai orang yang memimpin perlindungan atas Israel dan perekrut orang-orang Iran untuk menjaga Israel, saya benar-benar syok atas pengungkapan (mata-mata) ini. Bagi saya pribadi, kejadian ini sulit dipercaya.”

Seorang pejabat keamanan Israel lain mengklaim bahwa dirinya tidak terkejut dengan penemuan ini, sebab hal itu bisa diduga.

“Semenjak era Shah Iran dan kerja sama erat antara Iran dan Israel ketika keduanya saling belajar dari yang lain, Badan Intelijen Iran punya informasi bagus soal Israel,” kata pejabat anonim itu.

“Ketika Anda sebelumnya sudah memiliki informasi tentang musuh dan mengerahkan energi selama lebih dari 40 tahun, jelas Anda akan berhasil merekrut mata-mata,” imbuhnya.

Meski demikian, ia mengutarakan keheranannya karena para mata-mata itu bisa saja sudah lama direkrut, tapi Israel tidak mengetahuinya. (af/fars)

Baca Juga:

Israel Mengaku Lumpuhkan Jaringan Intelijen Perempuan yang Direkrut Iran

Mantan PM Israel:  Israel Tak Sanggup Menyerang Nuklir Iran

DISKUSI: