[Video:] Tentara Saudi di Jizan Bergelimpangan Diserbu Pasukan Ansarullah

0
1418

Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman dan pasukan Ansarullah (Houthi) melancarkan serangan ke beberapa posisi tentara Saudi dan pasukan bayarannya dari Sudan di Provinsi Jizan, Arab Saudi.

Media perang Poros Resistensi, Al-I’lam Al-Harbi, Jumat (6/8), merilis video dokumentasi serangan tersebut.

Dilaporkan bahwa pasukan Yaman dalam serangan tersebut telah menyerbu beberapa posisi pasukan Saudi dalam sebuah operasi militer yang berlangsung selama empat jam hingga menewaskan dan melukai sedikitnya 15 pasukan bayaran Saudi serta menimpakan banyak kerugian materi pada pihak Saudi.

Dalam video itu terlihat beberapa mayat berseragam militer Saudi terbunuh di kubu-kubu pertahanan mereka yang berhasil dikuasai oleh pasukan Yaman.

Seperti diketahui, Yaman dilanda perang sejak lebih dari enam tahun silam antara kubu gerakan Ansarullah (Houthi) dan kubu presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi.  Ansarullah yang didukung tentara Yaman menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, sejak 2014, selain beberapa provinsi lain.

Sejak Maret 2015 pasukan koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi dan didukung AS, Israel dan negara-negara Barat melancarkan intervensi militer ke Yaman untuk membela kubu Mansour Hadi dengan asumsi bahwa Ansarullah dapat segera dikalahkan.

Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman yang merasa negaranya kaya senjata dan peralatan perang serta didukung Barat dan Israel menjelang invasi itu sempat bersumbar bahwa pihaknya akan dapat menumpas Ansarullah dalam tempo beberapa hari atau paling lambat beberapa minggu.

Nyatanya, Ansarullah dan tentara Yaman yang mendapat dukungan mental, asistensi, dan politik dari Iran semakin tangguh serta gencar melesatkan rudal balistik dan drone ke wilayah Saudi sebagai balasan atas blokade dan serangan udara Saudi dan sekutunya. Tak hanya itu, mereka juga kerap menggempur pasukan Saudi di wilayah Saudi sendiri. (mm/alalam)

Baca juga:

Tentara Yaman Umumkan Kemenangan di al-Bayda

Ansarullah Yaman akan Jalin Perjanjian dengan Suku-Suku di Shabwah untuk Usir Koalisi Agresor

DISKUSI: