Video: Serangan Udara Turki di Irak

0
355

Ankara, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan Turki, Senin (15/6/2020), mengumumkan bahwa pasukan negara ini dalam operasi bersandi “Cakar Elang” telah menghancurkan 81 target milik Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara, sementara Irak mengecam operasi militer tersebut.

Melalui  akun Twitter resminya, Pertahanan Turki membagikan sebuah video rekaman detik-detik penembakan misil angkatan udara Turki terhadap pangkalan-pangkalan di Irak utara.

“Gambar-gambar pertama Operasi Cakar Elang, di mana lubang-lubang teroris dihancurkan,” cuit Kementerian Pertahanan Turki sebagai keterangan untuk video tersebut.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengucapkan selamat kepada pilot angkatan udara atas keberhasilan operasi militer tersebut, sembari mengatakan, “Sarang-sarang para teroris tempat mereka melakukan provokasi terhadap negara kita, rakyat kita, pos-pos militer kita dan pangkalan-pangkalan militer kita telah dihancurkan, dan dari mana mereka berusaha melancarkan serangan-serangan teroris.”

Di pihak lain, Komando Operasi Bersama Irak (JOC) di hari yang sama mengutuk serangan udara Turki tersebut.

Seperti dilaporkan Xinhua, JOC dalam statemennya menyebutkan sebanyak 18 jet tempur Turki pada Ahad malam lalu melancarkan serangkaian serangan udara ke kamp-kamp pengungsi di Sinjar, sekitar 100 km sebelah barat, Mosul, ibukota provinsi Nineveh, dan kawasan Makhmour, sekitar 60 km Tenggara Mosul.

JOC menambahkan bahwa jet-jet tempur tempur Turki juga melintas di angkasa al-Kuwayr, Erbil dan al-Shirqat, di kedalaman 193 km wilayah Irak.

Baca: Pasukan Haftar Lakukan Perombakan Untuk Melawan Intervensi Turki

JOC menyebut serangan udara Turki itu “tindakan provokatif dan tidak konsisten pada prinsip kerukunan hidup bertetangga sesuai konvensi internasional, dan merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Irak”.

Irak mendesak Turki menghentikan pelanggaran wilayah Irak, dan memastikan Baghdad “siap sepenuhnya untuk kerjasama antara kedua negara untuk mengendalikan situasi keamanan di perbatasan bersama”.

Baca: Turki Berencana Bangun Dua Basis Militer Permanen di Libya

Pasukan Turki acapkali melancarkan operasi darat, serangan udara dan pengeboman artileri terhadap posisi militan PKK di Irak Utara, terutama Pegunungan Qandil, pangkalan utama PKK yang dicap Turki sebagai organisasi teroris. (mm/amn/fna)

DISKUSI: