Turki Berencana Bangun Dua Basis Militer Permanen di Libya

0
125

Ankara, LiputanIslam.com –  Surat kabar Yeni Safak melaporkan bahwa Turki bermaksud membangun dua pangkalan militer permanen di Libya setelah taraf hubungan Ankara dengan Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA) meningkat.

Mengutip  pernyataan “sumber-sumber regional”, Yeni Safak , Jumat (12/6/2020), melaporkan bahwa “kerjasama militer antara Libya dan Turki akan naik ke tingkat yang lebih tinggi,” menyusul kunjungan pemimpin Dewan Kepresidenan GNA, Fayez al-Sarraj, ke Ankara pada 4 Juni 2020.

Menurut surat kabar yang dekat dengan pemerintah Turki tersebut, sumber-sumber itu menjelaskan bahwa “pertimbangan sedang diberikan untuk membangun kembali Pangkalan Udara Al-Watiyah, di mana perbaikan infrastruktur dan upaya pembersihan ranjau sedang dilakukan.”

Baca: Turki Tolak Deklarasi Mesir, LNA Menguat lagi Dalam Perang Libya

Yeni Safak menyebutkan Ankara  ingin membangun pangkalan udara di Libya karena akan mengerahkan drone dan sistem pertahanan udara Turki yang telah andil besar dalam keberhasilan operasi militer GNA pada awal tahun ini.

Baca: PBB: Serangan di Tripoli Sebabkan 16.000 Warga Sipil Mengungsi

Turki adalah negara yang gigih menyokong GNA dalam perang melawan Tentara Nasional Libya (LNA), yang dipimpin oleh Marsekal Lapangan Khalifa Haftar. GNA kini berusaha mengusir LNA dari beberapa daerah di Libya, termasuk kota pelabuhan Sirte. (mm/amn/rt)

DISKUSI: