[Video:] Protes Kunjungan Herzog, Para Pemuda Turki Copoti Bendera Israel di Jalanan Ankara

0
230

Ankara, LiputanIslam.com –  Beberapa pemuda di Ankara, ibu kota Turki, memrotes kunjungan Presiden Israel Herzog ke Turki dengan cara mencopot bendera-bendera Israel yang dipasang di tiang-tiang lampu di tepian jalan.

Beberapa video yang beredar di media sosial memperlihatkan aksi itu oleh dilakukan di siang dan di malam hari ketika Turki sedang diwarnai peristiwa kunjungan Herzog selama dua hari ke negara ini serta pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (9/3).

Seorang warganet Mohammad Nashwan di Twitter yang memosting video pencopotan bendera Israel di malam hari disertai keterangan berbahasa Arab: “Para aktivis Turki membakar bendera-bendara rezim pendudukan yang dipasang di jalanan bandara Ibu Kota Ankara, dan menggantinya dengan mengibarkan bendera Palestina.”

Pengguna Twitter lain bernama Mohammad Najjar membagikan video aksi pencopotan bendera Israel yang dilakukan di siang hari, dan dengan bahasa Inggris dia menjelaskan; “Orang-orang Turki menurunkan bendera Israel dari jalur seremonial yang akan dilewati Presiden Israel Isaac Herzog di ibu kota Turki, Ankara.”

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuannya dengan Presiden Israel Isaac Herzog, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Turki dalam 14 tahun terakhir, telah membahas hubungan bilateral dan kerjasama di bidang energi dan pertahanan.

Pembicaraan di Kompleks Kepresidenan di Ankara itu juga dibahas perkembangan isu-isu perang Ukraina-Rusia, Mediterania timur, dan proyek perpanjangan pipa gas dari Israel ke Eropa melalui wilayah Turki.

Dalam konferensi pers usai pembicaraan itu Erdogan mengatakan bahwa peningkatan hubungan Turki-Israel sangat penting untuk menyebarkan stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Dia juga mengaku percaya bahwa “kunjungan bersejarah” presiden Israel akan menjadi putaran baru dalam hubungan antara kedua negara.

Dia juga mengaku telah mengatakan kepada Herzog bahwa kedua belah pihak memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk kerjasama di bidang energi, ekonomi dan pertahanan, sembari menyinggung kunjungan “sangat penting” yang akan dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki ke Israel.

Presiden Turki menjelaskan bahwa dia meyakinkan Herzog tentang pentingnya solusi dua negara, mencatat bahwa masalah Palestina adalah salah satu topik utama dalam pembicaraan.

Presiden Turki mengatakan bahwa volume pertukaran perdagangan antara kedua negara pada tahun lalu tercatat mengalami peningkatan 36% dan mencapai$8,5 miliar, dan dia optimis bahwa nilainya akan meningkat menjadi $10 miliar.

Di pihak lain, Herzog mengaku percaya bahwa hubungan dengan Turki akan didasari prinsip “saling menghormati” mulai sekarang, dan menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu akan mengunjungi Israel bulan depan.

Dalam pernyataan yang dia buat di Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv sebelum melakukan perjalanan ke Ankara, presiden Israel menyebut hubungan dengan Turki sebagai hal yang penting untuk meningkatkan stabilitas di kawasan. (mm/twitter/aljazeera)

Baca juga:

Sambut Kunjungan Presiden Israel, Erdogan Jadi Sasaran Caci Maki Warganet Arab

Jihad Islam Palestina: Terima Kunjungan Presiden Israel, Erdogan Telantarkan Quds dan Palestina

DISKUSI: