[Video:] Pertemuan Moqtada Sadr dengan Para Lawan Politiknya

0
1437

Baghdad, LiputanIslam.com –  Ulama muda dan politisi Irak pemimpin Blok Sadr, Sayid Moqtada Sadr, Kamis (2/12), mengadakan pertemuan dengan para pemimpin blok lawan politiknya yang tergabung dalam Poros Koordinasi di rumah Sekjen Organisasi Badr Sayid Hadi Amiri.

Poros Koordinasi terdiri atas berbagai kelompok politik Syiah terbesar di Irak, yang menolak hasil pemilu parlemen yang berlangsung pada 10 Oktober lalu dan dinyatakan dimenangi oleh Blok Sadr.

Dalam pertemuan yang dituan rumahi oleh Poros Koordinasi ini mereka membahas berbagai isu dan perkembangan situasi politik terkini di Irak dalam rangka mempererat persatuan dan persaudaraan antarsesama anak bangsa Negeri 1001 Malam ini, yang menjadi prioritas mereka, menurut sebuah pernyatan tentang pertemuan itu.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa mereka telah membahas beberapa poin antara sebagai berikut;

  1. Pengambilan langkah-langkah kongkret yang diperlukan untuk memerangi korupsi, menuntut pertanggungjawaban koruptor, dan penghentian pemborosan uang publik yang disengaja.
  2. Penekanan pada keluarnya pasukan asing sesuai dengan jadwal yang diumumkan dan pengembangan mekanisme untuk memastikan bahwa senjata dibatasi di tangan negara.
  3. Perlindungan, dukungan dan pengaturan pasukan relawan Hashd Al-Shaabi dengan cara yang meningkatkan perannya dalam menjaga keamanan di Irak.
  4. Penolakan terhadap normalisasi hubungan dengan Israel dan segala sesuatu yang terkait dengannya.
  5. Kerjasama pelestarian konstanta rakyat Irak dalam menghadapi penyimpangan moral dan sosial sesuai dengan kerangka hukum.
  6. Upaya peningkatan taraf ekonomi daerah-daerah tertinggal dan penghapusan persaingan politik dari semua proyek layanan.

Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan dialog dan diskusi yang mengarah pada pengembangan solusi realistis bagi kebuntuan yang terjadi di kancah politik. (mm/alalam/aljazeera)

Baca juga:

Kataib Hizbullah Irak: Era Kesepahaman dengan Zionis Sudah Berakhir

Perwira Militer Irak: Iran Berikan Bantuan Senjata Tanpa Formalitas Birokrasi

DISKUSI: