[Video]: Pertama Kali, Tentara Iran Unjuk Gigi di Samudera Atlantik

0
640

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran mengumumkan bahwa armada Angkatan Laut (AL)-nya telah tiba di Samudera Atlantik untuk pertama kalinya.

Asisten Komandan Umum Angkatan Bersenjata Iran Urusan Koordinasi, Laksamana Habibollah Sayyari, Kamis (10/6), mengumumkan bahwa kapal perusak modern Sahand dan kapal Makran telah memasuki Samudera Atlantik dalam pelayaran tanpa jeda berlabuh di pelabuhan manapun.

“Armada 77 Iran telah mencapai perairan Samudera Atlantik setelah menempuh jarak 12,000 km selama 30 hari, dan bertekad untuk terus berlayar hingga wilayah utara Samudera Atlantik, dan ini tidak menyalahi undang-undang pelayaran internasional,” ungkap Sayyari.

Dia berterus terang bahwa keberadaan dua kapal militer Iran ini di sana ialah memperlihatkan kekuatan AL negara ini di perairan internasional, dan bahwa keberadaan AL Iran di perairan internasional adalah “hak alamiah yang tak boleh dicampuri oleh negara manapun”.

Kantor berita Fars milik Iran memublikasi penggalan-pengalan video yang memperlihatkan kapal perusak Sahand sedang mengarungi Samudera Atlantik.

Publikasi ini dilakukan setelah situs Politico yang berbasis di AS menyebutkan bahwa para pejabat AS semakin cemas terhadap masuknya dua kapal Iran ke Samudera Atlantik, yang diduga bergerak menuju Venezuela dengan membawa produk persenjatannya untuk diserahkan kepada pemerintah negara ini. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Teheran Kutuk Tindakan AS Membuntuti Dua Kapal AL Iran

Teheran Pastikan Sikapnya Tak akan Berubah Soal Nuklir Pasca Pilpres Iran

DISKUSI: