Teheran Kutuk Tindakan AS Membuntuti Dua Kapal AL Iran

0
412

Teheran, LiputanIslam.com –  Teheran mengecam tindakan AS membuntuti dua kapal milik Angkatan Laut Iran, dan menganggapnya sebagai tindakan campur tangan dalam urusan Iran.

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei, Selasa (8/6), mengatakan, “Iran mempertahankan haknya menikmati hubungan dagang secara normal sesuai undang-undang dan piagam internasional, dan menganggap campur tangan atau penelusuran atas hubungan ini sebagai ilegal dan menghina, dan Iran mengutuknya dengan keras.”

Dia menambahkan, “Adalah hak Iran berdagang senjata setelah pemerintahan mantan presiden AS Donald Trump pada tahun lalu gagal memperpanjang embargo senjata konvensional yang diterapkan PBB terhadap Teheran.”

Ali Rabiei menambahkan, “Terlepas dari soal barang apa yang dimuat oleh dua kapal itu, tak ada larangan untuk jual beli senjata Iran. AS sudah mengerahkan segenap upayanya untuk mempertahankan sanksi ini pada tahun lalu tapi gagal total.”

Sebelumnya, beberapa media Barat melaporkan bahwa AS membuntuti dua kapal perang Iran yang diduga sedang berlayar menuju Venezuela dan memuat produk senjata.”

Iran dan Venezuela adalah dua negara yang sama-sama dikenai sanksi sepihak oleh AS. Namun demikian, pada tahun lalu Iran mulai mengirim kapal-kapal tanker minyaknya ke Venezuela untuk membantu negara ini mengatasi krisis bensin. (mm/raiayoum)

Baca juga:

Temui Bin Salman, Menlu Inggris juga Bicarakan Isu Iran

Menlu AS: Sebagian Besar Roket Gaza Buatan Lokal, Tapi Bukan Berarti Iran Tak Bersalah

DISKUSI: