[Video:] Pertama Kali, Hamas Gunakan Rudal Strela Buatan Rusia, Jet Tempur Israel Mundur

0
25

Gaza, LiputanIslam.com  Untuk pertama kalinya dalam sejarah konflik Palestina-Israel, sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, mengaku menggunakan rudal canggih untuk melawan jet tempur Israel yang melancarkan serangan intensif ke Jalur Gaza pada dini hari Selasa (19/4).

Dalam sebuah pernyataan singkat Brigade Al-Qassam mengatakan menyatakan bahwa “pertahanan udara menghadapi pesawat tempur musuh dengan rudal permukaan-ke-udara.”

Media Israel melaporkan bahwa rudal Strela buatan Rusia telah ditembakkan ke jet tempur; Hamas menembakkan dua rudal anti-pesawat SAM-7 di daerah Rafah; dan angkatan udara Israel terpaksa meninggalkan Jalur Gaza setelah rudal ditembakkan ke arah jet tempurnya.

Sumber kubu resistensi Palestina mengkonfirmasi bahwa “rudal yang menyasar jet penyerang di Gaza selatan adalah tipe Strela Rusia”.

Dikutip saluran Al-Mayadeen,  seorang naraumber mengatakan, “Rudal itu adalah rudal yang dipasang di bahu yang digunakan oleh kubu resistensi untuk pertama kalinya terhadap pesawat musuh.”

Sumber itu juga mengatakan, “Pelanggaran musuh terhadap aturan konflik di Gaza akan mendapat tanggapan dan akan menyebabkan ledakan situasi.”

Pada Senin malam, sumber-sumber Israel mengumumkan bahwa satu rudal telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke arah pemukiman Kissufim di daerah sekitar Gaza.

TV Israel saluran 13 mengutip klaim koresponden militernya, Almog Boker, bahwa untuk pertama kalinya sejak awal eskalasi saat ini, sebuah peristiwa luar biasa terjadi di kawasan sekitar Jalur Gaza, yaitu penembakan rudal ke arah Dewan Regional Eshkol,dan sistem Kubah Besipun mencegat rudal tersebut.

Pengamat politik Hassan Lafi mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan dari Jalur Gaza pada Senin malam hanya satu, tetapi membawa banyak pesan, termasuk bahwa Gaza tak terpisahkan dari Quds (Yerussalem) dan Tepi Barat. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Klaim Balas Serangan, Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza

Warga dan Pasukan Zionis Serang Masjid Al-Aqsa lagi, Penembak Jitu Diposisikan di Atap

DISKUSI: