[Video]: Pertama Kali, AS Rilis Rekaman Video Serangan Rudal Iran ke Ain Assad

0
1129

Washington, LiputanIslam.com – Militer Amerika Serikat (AS) mengungkap rekaman video yang sebelumnya dirahasiakan terkait dengan serangan rudal Iran ke Pangkalan Udara (Lanud) Ain Assad yang ditempati oleh pasukan AS di Irak.

Seperti diketahui, pada 8 Januari 2020, Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menggempur pangkalan yang ditempati sekira 2000 tentara dan sejumlah pesawat AS tersebut dengan beberapa rudal sebagai pembalasan atas serangan udara AS di Baghdad lima sebelumnya, yang menewaskan Komandan Pasukan Quds IRGC, Letjen Qassem Soleimani, dan rekan seperjuangannya, wakil komandan pasukan relawan Irak Al-Hashd Al-Shaabi, Abu Mahdi Al-Muhandis.

Pada rekaman kamera drone yang dirilis pertama kalinya pada program 60 Menit di CBS News, Ahad (28/22), dengan durasi 1 menit 45 detik terlihat beberapa rudal Iran jatuh tepat menimpa situs militer Lanud Ain Assad.

Menurut Departemen Pertahanan AS, lebih dari 100 pasukan AS menderita “cedera otak traumatis” akibat gempuran rudal tersebut.

Di pihak lain, IRGC menyatakan bahwa  Washington menggunakan istilah tersebut untuk menutupi jumlah tentara AS yang tewas. Iran menyebut serangan rudal itu sebagai “tamparan pertama”.

Dalam sebuah wawancara eksklusif yang disiarkan di CBS News, Ahad, Komandan Komando Pusat AS, Jenderal Frank McKenzie, mengatakan, “Itu adalah serangan yang belum pernah saya lihat atau alami.”

McKenzie menyebut rudal Iran “akurat” dan “menghantam cukup banyak di tempat yang mereka inginkan.”

Dia mengklaim bahwa intelijen AS telah mendeteksi persiapan Iran untuk serangan rudal dan mendapat cukup waktu untuk mengevakuasi 1000 tentara dan 50 pesawat. (mm/infowarrior /presstv)

Baca juga:

Komandan CENTCOM Beberkan Horor Serangan Rudal Iran ke Ayn al-Asad

Iran Tolak Usulan Eropa untuk Pertemuan Informal, AS Mengaku Kecewa

DISKUSI: