[Video:] Peringati Arba’in Husaini, Jutaan Peziarah Banjiri Kota Karbala

0
803

Karbala, LiputanIslam.com –   Arbai’in Imam Husain as diperingati oleh jutaan pecinta Ahlul Bait as setiap tahun dengan berjalan kaki setidaknya sejarak puluhan kilometer menuju kota suci Karbala.  Peringatan itu menemukan puncaknya pada hari ini, Selasa (28/9).

Jutaan peziarah berjerih payah melakukan perjalanan jarak jauh dengan beragam kondisi cuaca demi mencapai suatu tujuan dan dengan iktikad: “Pengorbanan demi agama, prinsip dan kemanusiaan”.

Pada tahun ini, kondisi kesehatan yang dialami Irak sebagaimana dialami negara-negara lain di dunia akibat pandemi Covid-19  tak menghalangi para pecinta itu untuk melakukan perjalanan menuju kota suci Karbala dan memperbarui baiat mereka kepada Sang Pemuka Syuhada dan Kaum Merdeka Imam Husain as yang telah gugur syahid bersama sedikit pengikutnya demi kebenaran setelah menolak tunduk kepada penguasa zalim (Yazid bin Muawiyah) pada 10 Muharram 61 Hijriah.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tersebar posko-posko di sepanjang jalan yang menuju ke kota Karbala. Pada tahun ini, jumlah yang tercatat mencapai lebih dari 12.300 posko, yang didirikan oleh para pecinta Ahlul Bait di Irak demi menunaikan kewajiban menjamu para peziarah Imam Husain as yang disambut hangat oleh penduduk lokal dan daerah-daerah  yang mereka lintasi menuju kota yang mulia berkat keberadaan Imam Husain as dan para sahabatnya.

Di sepanjang jalan itu juga tersebar posko-posko kesehatan yang memberikan layanan kesehatan kepada para peziarah yang terkadang mengalami  gangguan kesehatan akibat perjalanan panjang selama berhari-hari.

Demi mengantisipasi ancaman dan serangan seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun silam disebar pula ribuan petugas dari berbagai badan keamanan di daerah-daerah yang dilintasi peziarah sesuai perencanaan keamanan yang dicanangkan pemerintah demi menjamin keamanan peziarah dari segala bentuk gangguan dan serangan dari para penjahat dan teroris yang tak berprikemanusiaan.

Peringatan ini setiap tahun diikuti oleh lautan peziarah dari dalam dan luar negeri, yang jumlahnya terkadang mencapai lebih dari 15 juta orang yang mengalir dengan satu slogan: “Labbaika, ya Husain” (Aku penuhi panggilanmu, wahai Husain). (mm/sahara)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Asyura hingga Arbain, Momen Krusial dalam Sejarah Islam

Puji Irak, Hizbullah Kecam Konferensi Normalisasi dengan Israel di Kurdistan

DISKUSI: