[Video]: Perang Sesama Musuh Ansarullah di Yaman Selatan, 50 Orang Tewas

0
58

Aden, LiputanIslam.com –  Kantor berita Associated Press (AP), Jumat (20/11/2020), merilisi rekaman video pertempuran pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung Arab Saudi di satu pihak dan pasukan Dewan Transisi Selatan yang didukung Uni Emirat Arab di pihak lain.

AP melaporkan bahwa sekitar 50 orang telah terbunuh sejak akhir pekan lalu dalam pertempuran terbaru antara kedua kubu yang bermarkas di selatan Yaman dan sama-sama memerangi kelompok Ansarullah (Houthi) tersebut.

Mengutip keterangan pejabat keamanan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, AP menyebutkan bahwa setidaknya 47 petempur dari kedua belah pihak tewas dan 90 lainnya cedera dalam konfrontasi di Zinjibar, Provinsi Abyan, yang tercatat sebagai “paling sengit” dalam beberapa bulan terakhir.

Eskalasi militer itu menjadi pukulan baru bagi Perjanjian Riyadh yang ditandatangani oleh kubu Mansour Hadi dan kubu Dewan Transisi pada akhir 2019 di bawah pengawasan Saudi dalam upaya untuk mengakhiri konflik antara keduanya yang sama-sama terlibat dalam koalisi Arab pimpinan Saudi. (mm/rta)

Baca juga:

AS akan Teroriskan Ansarullah, Organisasi Peduli HAM Dunia Ingatkan Resiko Kelaparan di Yaman

Uni Eropa Pastikan akan Terus Menoropong Pelanggaran HAM di Saudi

DISKUSI: