Uni Eropa Pastikan akan Terus Menoropong Pelanggaran HAM di Saudi

0
44

Brussel, LiputanIslam.com –  Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen memastikan Eropa “tidak dan tidak akan mengabaikan masalah kebebasan dan hak asasi manusia (HAM) di Arab Saudi.”

Pernyataan para pejabat itu disampaikan dalam konferensi pers yang mereka adakan di Brussel, Jumat (20/11/2020), untuk menyatakan sikap Uni Eropa (UE) setelah KTT virtual G-20 yang dipimpin oleh Arab Saudi pada 21-22 November 2020.

Michel dan von der Leyen menyatakan bahwa masalah HAM dan kebebasan berekspresi di negara kerajaan itu merupakan persoalan “serius dan berulang”, dan karena itu para pejabat UE terus meneropong semua isu tentang ini dengan cermat, terutama yang berkaitan dengan hak perempuan dan aktivis, serta mengemukakannya secara bilateral dengan pihak Saudi.

Michel mengakui bahwa pertemuan tahun ini diadakan secara virtual akibat pandemi Covid-19 sehingga menghambat pekerjaan diplomatik Eropa di tingkat internasional.

Dia lantas menekankan bahwa meski demikian masalah tersebut tidak akan menyebabkan Brussel mengendur atau menyerah mempertahankan nilai dan prinsipnya. (mm/rta)

Baca juga:

Al-Jubeir: Saudi Tak Butuh Senjata Jerman

Pertemuan G-77 dan China Diwarnai Cekcok antara Iran dan Saud

DISKUSI: