Video: Pasukan Mesir Beraksi, Satu Kapal di Mediteranian Tenggelam Dihantam Rudal

0
274

Kairo, LiputanIslam.com – Pasukan Negeri Piramida, Mesir, beraksi di Laut Mediteranian dengan merudal sebuah kapal besar hingga menyebabkannya tenggelam dengan satu kali tembakan.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Angkatan Bersenjata Mesir, Sabtu (11/7/2020), terlihat angkatan laut negara ini melepaskan rudal Harpoon anti-kapal ke sebuah target kapal besar. Rudal Harpoon berjarak tempuh 124-140 km menghantam kapal itu hingga membuatnya tenggelam.

Aksi itu dilancarkan pasukan Mesir dalam sebuah manuver militer bersandi “Decisive 2020” yang digelar di tengah meningkatnya ketegangan di Libya.

Mesir memiliki rudal Harpoon di atas kapal fregat rudal Perry dan kapal misil  Ambassador MK III  yang dinamai “Kelas Suleiman Ezzat”.

Angkatan Bersenjata Mesir hari itu mengumumkan kelanjutan latihan perangnya  di wilayah strategis barat, ketika mereka mempersiapkan pasukan untuk kemungkinan keterlibatan mereka di masa mendatang dalam perang di Libya yang akan dipicu oleh serbuan pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki ke kota Sirte yang dikuasai oleh Tentara Nasional Libya (LNA) yang didukung Mesir dan Uni Emirat Arab.

Dalam manuver itu militer Mesir juga memperlihatkan foto helikopter K-52 buatan Rusia dalam keadaan siaga tempur di atas helipad serbu kelas Mistral yang dinamai dengan “Gemal Abdul Nasir”, nama presiden kedua Mesir.

K-52 tergolong helikopter tempur terbaik di dunia, yang beroperasi sebagai helikopter serang multi-tugas yang dilengkapi dengan teknik-teknik modern yang memungkinkannya untuk beroperasi sebagai pusat kontak terbang yang mampu berkomunikasi dan mengoordinasi antara pesawat dan stasiun darat. (mm/rtarabic)

Baca juga:

Ganti Pertahanan Udara yang Hancur di Libya, Turki Datangkan Sistem Ukraina

Makin Panas, Turki dan Mesir Sama-Sama Gelar Latihan Perang Dekat Libya

DISKUSI: