Ganti Pertahanan Udara yang Hancur di Libya, Turki Datangkan Sistem Ukraina

0
158

Moskow, LiputanIslam.com Turki mengganti sistem pertahanan udara yang hancur di Pangkalan Udara (Lanud) Al-Watiyah dengan peralatan Ukraina yang perolehnya belakangan ini. Demikian dilaporkan publikasi Rusia, Avia.Pro.

“Turki telah menggantikan sistem MIM-23 Hawk yang telah dihancurkan oleh jet tempur Mirage 2000 dengan S-125 Soviet,” ungkap  Avia.Pro, Jumat (10/7/2020).

Menurut Avia.Pro, militer Turki telah mengerahkan S-125 yang dimodernisasi ke Lanud Al-Watiyah  untuk menangkis serangan udara Tentara Nasional Libya (LNA) dan sekutunya di masa mendatang.

“Sistem pertahanan udara S-125 Soviet modern yang diperoleh Turki beberapa hari yang lalu dari Ukraina telah dikerahkan di Libya,” lanjut media Avia.Pro.

Avia.Pro menyebutkan bahwa serangan jet tempur telah melenyapkan sedikitnya tiga sistem MIM-23 Hawk Turki serta radar Ukraina dan sistem peperangan elektronik, dan jet tempur penyerang itu adalah milik Uni Emirat Arab (UEA), namun tak ada komentar resmi dari Abu Dhabi.

Avia.Pro juga melaporkan bahwa Turki membeli setidaknya lima baterai pertahanan udara S-125 dari Ukraina. Namun, hanya tiga yang ditempatkan di Lanud Al-Watiyah. (mm/amn)

Baca juga:

GNA Bersumpah akan Membalas Serangan LNA Terhadap Pangkalan Udara

Makin Panas, Turki dan Mesir Sama-Sama Gelar Latihan Perang Dekat Libya

DISKUSI: