[Video:] Pasukan AS Keluar dari Irak

0
1167

Baghdad, LiputanIslam.com –  Sel Media Keamanan Irak (Security Media Cell. Iraq/SMCI), Rabu (15/12), merilis video dokumenter singkat berdurasi tiga menit yang terbagi menjadi tiga penggalan, yang mendokumentasikan keluarnya pasukan tempur Amerika Serikat (AS) dari Irak.

SMCI menyebutkan bahwa penarikan pasukan AS dari Negeri 1001 Malam itu dilakukan “sesuai perjanjian yang telah dicapai melalui beberapa putaran dialog strategis Irak-AS antara pemerintah Irak dan pemerintah AS untuk penutupan misi dan keluarnya pasukan tempur secara final pada akhir tahun 2021.”

SMCI menambahkan bahwa “tahap baru dimulai berdasarkan kerjasama pertahanan sesuai kesepakatan kerangka strategis antara Republik Irak dan AS melalui penyadiaan jasa konsultasi, asistensi dan pemberdayaan.”

Sementara itu, laporan di hari yang sama menyebutkan bahwa Komandan Brigade 23 Organisasi Al-Hashd Al-Shaabi dalam sebuah wawancara menyebut kawanan teroris ISIS menjalin hubungan erat dengan AS dan belakangan ini meningkatkan serangan supaya pasukan tempur AS tetap bercokol di Irak.

Senada dengan ini, Kepala Dewan Penyelamatan Provinsi Anbar, Irak, pada hari itu mengatakan bahwa ISIS menggalakkan aksi teror di empat provinsi menjelang penarikan pasukan tempur dari Irak.

Dia menjelaskan, “Semua provinsi yang sempat dilanda operasi-operasi teror semula sudah aman dan stabil, tapi intensitas operasi itu meningkat menjelang penarikan pasukan tempur AS dalam suatu rencana yang sudah jelas bagi semua orang. Aktivasi kelompok-kelompok teroris berkaitan erat dengan program-program asing yang bermaksud menyalahgunakan instabilitas kondisi keamanan.” (mm/alalam/fna)

Baca juga:

Kontradiksi Statemen Baghdad dan CENTCOM soal Hengkangnya Tentara AS dari Irak

Al-Nujaba: Senjata Resistansi adalah Jaminan Keamanan Rakyat Irak

DISKUSI: