[Video:] Pasukan Ansarullah Teropong Kota Ma’rib

0
526

Sanaa, LiputanIslam.com –   Media Perang {Al-I’lam al-Harbi) Yaman, Selasa (12/10), memublikasi rekaman video yang diambil pasukan Ansarullah dari lensa yang menyorot ke kota Ma’rib dari posisi mereka di pinggiran ibu kota Provinsi Ma’rib ini.

Media itu juga merilis rekaman-rekaman video eksklusif yang mendokumentasikan kerugian jiwa dan perlengkapan militer kubu pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi dalam operasi bersandi Fajar Kemenangan yang dimulai Ansarullah dari distrik Sarwah hingga kawasan sekitar kota Ma’rib.

Jubir tentara Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, Brigjen Yahya Saree, dalam jumpa pers, Selasa, menjelaskan bahwa setelah “sukses besar” membebaskan sejumlah distrik pada area seluas 1600 kilometer persegi dalam operasi bersandi “Kekuatan Yang Hebat”, Angkatan Bersenjata Yaman melancarkan operasi “Fajar Kemenangan” yang bertujuan “membebaskan kawasan-kawasan lain di Provinsi Ma’rib dan mengusir para agresor serta para pengkhianat pengekor, antek dan bayaran mereka”.

Mengenai kerugian kubu pasukan koalisi, dia menjelaskan bahwa pihaknya telah menghancurkan, merusak dan membakar sebanyak hampir 300 kendaraan lapis baja dan mobil pengangkut pasukan serta 850 senjata, empat arsenal serta menimpakan kerugian berupa korban jiwa, korban luka dan tawanan  sebanyak hampir 5650 orang pada pihak lawan dengan rincian 1300 korban tewas, 4320 korban luka dan 30 tawanan.

Saree menyebutkan bahwa operasi itu dibarengi dengan operasi pasukan rudal dan pertahanan udara dengan rincian bahwa pasukan rudal telah melancarkan 68 operasi, termasuk 49 operasi yang menyasar beberapa markas, pangkalan, barak militer dan tempat-tempat konsentrasi pasukan kubu koalisi di dalam wilayah teritorial Yaman serta 19 operasi di wilayah teritorial musuh.

Selain itu, lanjut Saree, operasi tersebut juga disertai dengan 245 operasi serangan pasukan nirawak, 170 di antaranya menyasar wilayah teritorial koalisi dan 75 operasi di wilayah Yaman sendiri yang diduduki oleh pasukan koalisi.

Yahya Saree juga menyatakan bahwa pasukan udara koalisi telah melancarkan 948 serangan yang menimpa rumah-rumah penduduk dan jalan-jalan umum.

“Peningkatan intensitas agresi serangan udara Saudi-Amerika tak membuat para mujahidin terhalang dari melanjutkan penunaian misi operasional mereka sesuai rencana sampai semua tujuannya terealisasi,” ungkap Saree.

Menurutnya, pasukan pertahanan udara kubu Ansarullah telah merontokkan enam pesawat mata-mata tempur, termasuk buatan AS, dan 11 pesawat pengintai serta melancarkan lebih dari 518 operasi pencegatan di udara yang memaksa pihak lawan mundur.

“Operasi pertahanan udara andil dalam menggentarkan musuh dan menggagalkan banyak operasi udara mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan kepada rakyat Yaman, “Angkatan Bersenjata kalian sekarang berada di sekitar kota Ma’rib dari sejumlah front setelah menghalau para pengkhianat dan pasukan bayaran di antara para ekor koalisi agresor dan para pengikutnya di beberapa distrik di Ma’rib, dan berhasil membebaskan semua itu secara penuh.”

Yahya Saree menegaskan pihaknya telah bertekad untuk terus berjuang membebaskan semua wilayah Yaman, menegakkan kedaulatan nasional serta mewujudkan kebebasan dan kemerdekaan.

“Semua itu tak akan pernah terjadi kecuali dengan mengusir pasukan pendudukan asing, dan membersihkan Yaman dari noda agresor serta pengkhianat, antek dan pasukan bayaran mereka,” pungkasnya. (mm/alalam)

Baca juga:

Ansarullah akan Ungkap Operasi Militernya di Ma’rib, Saudi Mengaku Habisi Ratusan Pasukan Ansarullah

Iran Mengaku Mulai Mengadakan Pembicaraan Baru dengan Saudi mengenai Yaman

DISKUSI: