Ansarullah akan Ungkap Operasi Militernya di Ma’rib, Saudi Mengaku Habisi Ratusan Pasukan Ansarullah

0
201

Sanaa, LiputanIslam.com –   Jubir Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree, Senin (11/10), menyatakan akan menyelenggarakan konferensi pers pada hari ini, Selasa (12/10), untuk menjelaskan operasi militer besar-besaran yang dilakukan oleh pihaknya di provinsi Ma’rib belakangan ini.

“Tepat pada pukul 3 sore hari Selasa besok, insya Allah, akan ada konferensi pers angkatan bersenjata untuk mengungkap rincian operasi militer masif di Provinsi Ma’rib,” katanya.

Dia menambahkan bahwa pengungkapan mengenai operasi militer itu akan mencakup antara lain penayangan rekaman-rekaman video dokumenter dan penjelasan mengenai rincian operasi rudal dan pesawat nirawak dan pengoperasian pertahanan udara.

Di pihak lain, pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi di hari yang sama mengklaim bahwa sedikitnya 156 pasukan Ansarullah yang mereka sebut teroris terbunuh oleh serangan udara koalisi belakangan ini di kawasan Al-Abdiyah di selatan Provinsi Ma’rib.

“Kami telah melancarkan 33 operasi serangan terhadap kendaraan militer dan anasir Houthi di Al-Abdiyah dalam 24 jam terakhir. Operasi serangan ini mencakup penghancuran delapan kendaraan militer dan kerugian jiwa lebih dari 156 anasir teroris,” ungkap kubu koalisi.

Sumber-sumber militer pendukung pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi menyatakan bahwa 17 pasukan Hadi terbunuh dalam dua hari terakhir di Al-Abdiyah yang dikepung oleh Ansarullah.

Sejak Februari lalu Ansarullah meningkatkan operasi militernya untuk merebut kota Ma’rib yang selain kaya minyak juga merupakan daerah strategis yang akan memudahkan Ansarullah memperluas kekuasaannya atas berbagai provinsi lain, dan pada gilirannya juga akan memperkuat posisinya dalam perundingan damai di masa mendatang. (mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

Pasukan Ansarullah Rebut Sebuah Pangkalan Militer di Ma’rib

Ansarullah Rebut Pangkalan Militer Penting di Ma’rib, Sejumlah Komandan Sekutu Saudi Kabur

DISKUSI: