[Video]: Miris, Helikopter Militer Iran Usir Kapal Selam Asing

0
498

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan militer Iran yang terlibat dalam latihan perang maritim bersandi “Eghtedar 99” di Laut Oman mendekati kapal selam asing dan memerintahkan kepadanya agar segera menjauh dari area yang dipakai  Angkatan Laut (AL) Iran untuk manuver militer tersebut.

Pihak Humas AL Iran merilis video terkait peristiwa menegangkan yang terjadi pada hari Kamis (14/1) itu.

Dalam video itu terlihat jelas kapal selam tersebut dari helikopter militer Iran dan bagaimana komunikasi awak helikopter saat memerintahkan awak kapal selam agar meninggalkan lokasi dan menjaga jarak aman dari pasukan Iran.

Tak jelas kapal selam itu milik negara mana, namun awak helikopter yang merupakan perwira militer Iran berseru kepadanya, “Kami peringatkan untuk terakhir kalinya, kalian mendekati kawasan operasi latihan perang Iran.”

Perwira itu juga mengatakan, “Silakan menjaga jarak aman, balikkan arah Anda 180 derajat, dan segera meninggalkan kawasan ini.”

Media Iran melaporkan bahwa helikopter anti-kapal selam negara ini telah mengidentifikasi dan menghampiri kapal selam yang mendekati area latihan perang yang dilakukan oleh AL Iran di bagian utara Samudera Hindia, tapi kemudian segera meninggalkan lokasi setelah keberadaan dan identitasnya diketahui.

Seperti pernah diberitakan, AL Iran menggelar manuver bersandi ‘Eghtedar 99’ selama dua hari sejak Rabu pagi di Pantai Makran dan Samudra Hindia bagian utara. Dalam latihan ini, AL Iran sukses menguji coba rudal jelajah maritim serta menembakkan torpedo untuk pertama kalinya dari kapal selam Fateh buatan dalam negeri, dan semuanya berhasil membidik sasaran dengan akurat. (mm/alalam/mna)

Baca juga:

[Video]: Iran Sukses Mengujicoba Rudal Jelajah Maritim

[Video]: AL Iran Lanjutkan Misinya di Laut Merah

DISKUSI: